5 Cara Untuk Mengetahui Masa Subur Wanita

Author : admin Category :Reproduksi October 27, 2014

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita – Sudah menikah, dan ingin segera memiliki momongan? Cermatilah masa subur anda, dan saat itulah yang paling tepat untuk melakukan hubungan intim. Menurut pakar sex dr. Boyke, seorang wanita yang sedang berada dalam masa subur berarti dalam keadaaan siap melepas sel telur yang sudah matang untuk dibuahi sel sperma. Pada masa subut inilah wanita akan mengalami komposisi hormon progesteron dan estrogen secara signifikan dan akan terlihat pada kandungan air seni, air liur serta suhu tubuh. Nah untuk mengatahui kapan seorang wanita berada dalam masa subur ini ada beberapa metode. Berikut metode-metode tersebut menurut penjelasan dr. Boyke

cara mengetahui masa subur wanita

Media Air Seni
Cara mengetahui masa subur wanita salah satunya bisa menggunakan air seni dan alat tes kesuburan. Alat ini tak jauh berbeda dengan alat penguji kehamilan. Caranya mudah cukup dengan meneteskan air seni pada alat tersebut. Tunggu sejenak maka akan terlihat perubahan pada alat tersebut yang menunjukan apakah anda dalam masa subur atau tidak. Dari hasil ini anda bisa menentukan apakah akan berhubungan intim untuk segeram mendapat momongan atau justru menghindarinya jika tidak menginginkan kehamilan. Tingkat akurasi alat ini sektiar 90%, namun demikian selain harganya relatif mahal alat ini hanya untuk sekali pakai.

Media Air Liur
Alat untuk mengetes masa subur wanita yang satu ini adalah mikroskop mini yang menyerupai listik. Caranya memang agak ribet, pertama tempatkan air liur pada gelas teropong kemudian diamkan selama 5 menit. Setelah itu nyalakan lampunya dan putar lensa kekiri atau kekanan untuk mendapatkan tampilan yang paling baik. Perhatikan gambarnya, dan bedakan mana gambar masa subur dan mana yang tidak. Jika gambar terlihat kosong atau hanya berupa bintik-bintik yang tidak jelas, maka anda sedang berada dalam masa tidak subur. Sedangkan jika gambar terlihat seperti bebatuan atau menyerupai tulang-tulang daun itu menandakan anda sudah dekat untuk mengalami ovulasi. Sementara jika gambar menunjukan seperti tulang daun yang menyilang maka anda sudah berada dalam masa ovulasi atau puncak kesuburan.

Sistem Kalender
Inilah cara mengetahui masa subur yang paling sederhana. Namun demikian tingkat akurasinya rendah yakni hanya 60-70 %. Caranya sangat simpel yakni hari haid terakhir ditambah 13 hari. Jadi misal anda terakhir haid tanggal 10 maka anda akan memasuki masa subur mulai tanggal 23. Namun perhitungan ini hanya cocok bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Sedangkan pada wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur cara ini sulit diterapkan.

Pengukuran Suhu Basal
Cukup dengan menggunakan termometer anda sebenarnya sudah bisa mengetahui masa subur anda. Letakan termomoter di bawah lidah atau dimasukan dalam dubur. Lakukanlah secara teratur pada jam-jam tertentu setiap harinya yakni setelah bangun tidur selama 5 menitt. Lakukan setiap hari setelah menstruasi bersih dan catat hasilnya. Jika grafiknya terlihat mendatar maka anda sedang berada dalam masa tidak subur, namun jika terjadi perubahan grafik yang signifikan dari mendatar kemudian menjulang tinggi maka anda sudah berada dalam masa subur.

Lendir Kesuburan
Cara Mengetahui Masa Subur Wanita yang terakhir adalah dengan sistem lendir kesuburan yang ditemukan oleh dokter evelyn Billings dan John. Jika dalam berada masa subur, lendir kesuburan bersifat elastis dan ketika ditarik sekalipun tidak akan putus. Jika diperiksa dengan mikroskop lendir tersebut seperti pohon cemara. Oleh karena itu orang awam dengan mata telanjang tidak bisa menentukan masa subur lewat lendir kesuburan ini, pasalnya bisa saja terkecoh dengan keputihan. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *