Tips Mengatasi Sembelit Secara Alami Untuk Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

Author : admin Category :kesehatan August 2, 2015

Tips mengatasi sembelit –  Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah pencernaan yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang. Saat sembelit datang, penderitanya akan merasakan sakit pada bagian anus ketika mengeluarkan kotoran yang keras. Selain itu, sembelit bisa juga menimbulkan gejala seperti sakit kepala, bau mulut, hilangnya nafsu makan, insomnia, dan jika tidak diatasi dengan cepat bisa menimbulkan keasaman pada lambung. Umumnya, penyakit ini muncul dari pola makan yang tidak sehat dan kurang teratur.  Organ usus yang tidak elastis, kurangnya serat dan cairan di dalam tubuh, jarang melakukan olahraga, dan sering menunda buang air besar juga bisa memicu terjadinya sembelit.

Tips Mengatasi Sembelit Secara Alami Untuk Anak-Anak Hingga Orang Dewasa
Berikut ini 7 tips mengatasi sembelit secara alami yang bisa Anda coba:

1. Mengatur Pola Makan
Usahakan agar Anda bisa makan tepat waktu. Terbiasa menunda jam makan merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan masalah pada organ pencernaan Anda, termasuk bagian lambung dan usus.

2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Kekurangan serat akan menimbulkan sembelit. Untuk itu, perbanyaklah asupan serat Anda dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya. Konsumsi kedua makanan ini akan membantu tubuh Anda dari kekurangan cairan dan vitamin. Selain itu, buah dan sayur juga bisa membantu untuk melancarkan proses buang air besar. Agar bisa mengatasi sembelit, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Supaya bisa terhindar dari dehidrasi dan menjaga jumlah cairan di dalam tubuh Anda, sebaiknya konsumsilah air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Konsumsi air yang cukup juga bisa membantu untuk memudahkan buang air besar Anda. Sebaiknya hindari konsumsi minuman yang berkafein seperti kopi dan teh serta minuman yang bersoda.

4. Hindari Makanan Berkolesterol
Tips mengatasi sembelit secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari makanan berkolestrol. Kandungan kolesterol yang tinggi sangat mudah dijumpai pada gorengan dan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi. Selain itu, hindari pula makanan bertipe junk food atau siap saji karena selain tidak sehat, kedua makanan ini juga bisa menimbulkan sembelit.

5. Olahraga
Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hidup yang sehat. Tidak perlu melakukan olahraga berat dan membutuhkan waktu lama, tapi cukup dengan jogging di pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian. Atau mungkin Anda bisa menggunakan sepeda untuk menunjang aktivitas sehari-sehari.
Berjalan kaki ke tempat-tempat yang dekat akan lebih baik dibanding dengan menggunakan kendaraan. Bukan hanya tubuh yang sehat, namun Anda juga akan memiliki tubuh yang aktif karena lebih banyak bergerak. Saat olahraga Anda teratur, maka jantung akan ikut menjadi lebih sehat sehingga proses aliran darah lebih lancar.

6. Hindari Stress
Pada dasarnya, stres dan depresi yang berlebihan bisa memicu terjadinya sembelit. Untuk itu, hindarilah hal-hal yang bisa memicu Anda menjadi stres. Bukan hanya jasmani, namun Anda juga akan mendapatkan rohani yang sehat. Kegiatan sederhana seperti berjalan-jalan, menonton film, atau berbelanja sudah cukup untuk menghindarkan Anda dari stress.

7. Jangan Menunda Buang Air Besar
Ada kalanya dikarenakan rasa malas ataupun terlalu sibuk dengan pekerjaan, kita lebih memilih menunda untuk melakukan hal-hal kecil, termasuk untuk buang air besar. Jika Anda terbiasa membiarkan hal seperti ini, maka jangan heran jika masalah pencernaan atau sembelit akan Anda alami.

Demikianlah beberapa tips mengatasi sembelit secara alami yang sekiranya bisa menjadi alternatif bagi Anda tanpa harus menggunakan obat-obatan berbahan kima. Intinya, jagalah pola hidup Anda agar bisa lebih sehat dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *