Waspadai Gejala Penyakit Usus Buntu Serta Penyebabnya Berikut Ini

Author : admin Category :kesehatan December 20, 2014

Gejala Penyakit Usus Buntu – Setiap orang pada dasarnya memiliki usus buntu atau yang memiliki nama medis apendistis. Usus ini berbentuk seperti jari dan menempel pada usus besar. Usus buntu berfungsi untuk menyimpanan bakteri baik yang bisa membantu proses pencernaan. serta penghasil zat anti kuman yang berfungsi untuk melawan infeksi didalam tubuh manusia. Nah ketika ada seseorang yang mengalami penyakit usus buntu, maka pada usus ini terjadi peradangan dan membengkak. Jika terjadi demikian maka solusinya adalah melakukan operasi untuk mengangkat organ tersebut.

gejala penyakit usus buntu dan penyebabnya

Penyebab dari penyakit usus buntu ini memang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli mengatakan masuknya bibit penyakit seperti jamur, bakteri dan virus yang menyebar sampai usus buntu adalah penyebabnya. Bibit penyakit tersebut lantas menimbulkan infeksi sehingga menyebabkan peradangan pada usus buntu. Seseorang yang mengalami peradangan pada usus buntu ini akan merasakan sakit yang tak tertahankan. Beberapa jenis kuman yang diyakini menyebabkan peradangan pada usus buntuk diantaranya Adenovirus, bakteri shigella, bakteri bacteroides, bakteri salmonella, campak serta infeski jamur histoplasmaosis dan mucormycosis. Kendati demikian penyebab radang usus buntu tidak hanya terbatas pada kuman-kuman tersebut.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Dikutip dari doktergaul, berikut ini beberapa gejala penyakit usus buntu

  1. Rasa nyeri yang luar biasa ketika perut bagian kanan ditekan
  2. Rasa nyeri gatal pada daerah perut
  3. Saat batuk, berjalan atau membuat gerakan yang bergetar maka akan timbul nyeri yang tak tertahankan
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Sulit buang angin
  7. Diare
  8. Demam ringan
  9. Konstipasi
  10. Nafsu makan hilang
  11. Perut membengkak

Nah lokasi sakit yang dirasakan berbeda-beda lantaran letak apendix berbeda-beda tergantung usia. Jika mengalami penyakit usus buntu, maka sebaiknya langsung dilakukan penanganan. Pasalnya jika tidak justru akan memperparah dan bahkan menimbulkan penyakit lain. Apabila tekanan usus buntu meningkat, mengakibatkan darah yang mengalir di dinding usus buntu kadarnya menurun. Hal tersebut bisa menimbulkan kekurangan darah yang berpotensi mengakibatkan kematian.

Pengobatan penyakit usus buntu sifatnya darurat. Terlebih lagi jika usus buntu sampai pecah sehingga mengakibatkan infeksi pada rongga perut. Seseorang yang mengalami radang usus buntu bisa mengalami infeksi darah atau sepsis. Operasi untuk mengangkat usus buntu ini sangat diperlukan agar infeksi yang terjadi tidak menimbulkan komplikasi bahkan kematian.

Nah itulah tadi Gejala Penyakit Usus Buntu dan penyebabnya. Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya jaga pola makan sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi supaya proses buang air besar bisa normal. Makanan-makanan barat dan polusi udara ternyata juga menjadi pemicu atau penyabab penyakit usus buntu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *