Waspadai Ini Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Author : admin Category :kesehatan November 4, 2014

Bahaya Rokok Elektrik – Rasanya sudah menjadi rahasia umum kalau merokok merupakan sebuah aktivitas yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang menyebabkan adiksi atau ketergantungan serta kandungan Tar yang mengganngu kinerja baru-baru dan berpotensi menyebabkan kanker. Meskipun di setiap bungkus rokok juga sudah diberikan peringatan, namun masih banyak yang tidak menghiraukanya. Bahkan beberapa orang lebih memilih merokok ketimbang untuk membeli makan. Akan tetapi ada juga sebagian orang yang sudah kecanduan merokok namun ingin berhenti karena lebih memperhatikan kesehatanya. Untuk menghilangkan kecanduan merokok memang tidaklah mudah, harus disertai dengan niat dan tekad yang kuat. Berbagai metodepun dilakukan salah satunya dengan mengganti rokok (tembakau) dengan rokok elektrik. Rokok “modern” ini menggunakan listrik dari sebuah baterai untuk menguapkan nikotin cair. Alat ini juga disebut ENDS atau Electronic Nicotine Delivery System. Lantas apakah rokok elektrik ini tidak berbahaya bagi kesehatan?

bahaya rokok elektrik

Memang sampai saat ini bahaya rokok elektrik ini belum terbukti secara ilmiah. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa rokok elektrik tetap memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan. Beberapa kejadian atau kasus pasies yang dirawat di rumah sakit akibat menggunakan rokok elektrik sedikit banyak bisa menggambarkan tentang bahaya rokok elektrik ini. Dari catatan yang kami dapatkan, telah terjadi beberapa kasus yang disebabkan oleh rokok elektrik seperti luka bakar karena rokok elektrik tersebut meledak di mulut.,gagal jantung, pneumonia dan lainya. Hal senada juga diungkapkan oleh Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama selaku kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dari Kementrian Kesehatan. Berikut keterangan Prof. Tjandra tentang dampak negatif rokok elektrik sebagaimana yang dilansir dari situs okezone.

Bahaya Rokok Elektrik Untuk Kesehatan

Adiksi
Rokok elektrik cara lain memasukan zat nikotin kedalam tubuh tanpa melalui pembakaran. Zat nikotin sendiri memiliki dampak negatif bagi kesehatan seperti tekanan darah, meningkatkan adrenalin serta menimbulkan ketagiha.

Keracunan
Setiap pabrik rokok elektrik sudah mencantumkan peringatan bahwa setiap konsumen yang mengidap penyakit pernafasan seperti PPOK, Bronchitis, asma dll uap dari rokok elektrik berpotensi menimbulkan sesak napas dan batuk-batuk.

Sedangkan menurut Agus Dwi Susanto, dokter spesialis paru-paru, rokok elektrik merupakan cara bahaya untuk menghilangkan kecanduan merokok. Hal ini dikarenakan zat-zat yang terkandung dalam rokok elektrik tak jauh beda dengan rokok konvensional (tembakau). Selain mengandunga nikotin, cairan pada rokok elektrik juga mengandung senyawa kimia yang berbahaya. Senyawa tersebut memiliki sifat karsinogenik sehingga bisa memicu penyakit kanker.

Lebih bahayanya lagi, rokok elektrik sering disalah artikan sebagai cara aman dalam merokok. Padahal rokok elektrik hanya memberikan rasa aman palsu. Memang jika digunakan secara benar, rokok elektrik bisa menjadi media transisi dari perokok menjadi berhenti merokok. Akan tetapi mengingat bahaya rokok elektrik ini cukup vital, kami tidak menyarankan menggunakanya sebagai cara berhenti merokok. Penggunaan media lain seperti tablet isap, permen, inhaler, patch serta spray lebih disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *