Waspadai Ini Gejala Atau Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Author : admin Category :kesehatan November 17, 2014

Kanker Kelenjar Getah bening atau yang mempunyai nama lain Limfoma merupakan jenis kanker yang angka penderitanya terus meningkat. Kanker ini berkaitan dengan sistem limfatik yang merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem limfatik sendiri bertugas untuk membentuk sebuah pertahanan dalam melawan infeksi maupun kanker. Limfoma menjadi sorotan publik akhir-akhir ini setelah presenter kondang yang membintangi sejumlah acara di Televisi, Olga Syahputra positif mengidap kanker ini. Olga yang beberapa bulan terakhir ini di rawat di rumah sakit ternama di Singapura dikabarkan menderita kanker kelenjar getah bening atau Limfoma Stadium 4.

gejala-ciri-ciri-kanker-getah-bening-limfoma

Salah satu ciri Kanker Kelenjar Getah Bening ini adalah adanya benjolan pada tubuh yang tidak menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Jika ada benjolan pada tubuh anda, segeralah datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tindakan pencegahan. Meski tidak bisa dipastikan setiap ada benjolan mengidap kanker ini, namun ada kemungkinan itu adalah gejala limfoma. Limfoma merupakan satu dari 10 kanker yang paling ganas. Dalam setahun belakangan jumlah penderitanya semakin meningkat. Menurut data dari Konferensi Limfatk Internasional, pada setiap 9 menit ada kasus baru penyakit limfoma di seluruh dunia.

Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening akan efektif jika diketahui dengan cepat gejala pada tubuh yang muncul. Dengan mendiagnosis dini terhadap limfoma maka akan memiliki peluang besar untuk mengobati limfoma tahap awal. Untuk itu perhatikan beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit kanker kelenjar getah bening berikut ini:

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

  1. Terjadi pembengkakan pada bagian leher, ketiak, atau pangkal paha
  2. Berat badan menurun secara drastis
  3. Rasa lelah yang terjadi secara terus menerus
  4. sesak napas dan batuk-batuk
  5. gatal-gatal
  6. Mengalami demam tanpa sebab
  7. Saat malam hari keluar keringat dingin

Selain ciri-ciri atau gejala kanker kelenjar getah bening diatas, pada beberapa kasus seseorang yang mengalami penyakit ini timbul benjolan yang tidak terasa sakit namun akan terus membesar secara bertahap. Benjolan ini memiliki permukaan yang mulus dan ketika diraba kerasnya menyerupai bola pingpong. Benjolan yang paling sering terjadi pada bagian leher. Penderita limfoma biasanya di ikuti dengan perubahan pada kulit seperti erosi kulit, lepuh, eritoma dan lainya. Pada tahap lanjut, penderita kanker ini akan timbul infeksi bernanah pada kulit dan menurunya antibodi.

Ketika anda mengalami gejala atau ciri-ciri diatas, memang belum bisa dipastikan menderita kanker kelenjar getah bening. Akan tetapi segeralah untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, jika positif  mengidap limfoma agar bisa dilakukan penanganan lebih cepat untuk meningkatkan hasil pengobatan. Sebenarnya sejak tahun 2004 untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker ganas ini diperingati Hari Peduli Limfoma Sedunia. Namun di Indonesia peringatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2005. (baca juga: Gejala Penyakit Meningitis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *