Waspadai Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Dewasa Berikut

Author : admin Category :kesehatan May 11, 2015

Sebelum mengulas lebih jauh tentang Penyebab Radang Tenggorokan, apasih yang dimaksud dengan radang tenggorokan? Penyakit yang menyerang tenggorokan ini dalam kedokteran disebut faringitis yakni peradangan yang terjadi di tenggorokan bagian belakang (faring). Radang tenggorokan bisa menyerang sebua bagian tenggorokan atau sebagian saja yang meliputi langit-langit mulut bagian belakang (soft palate), tonsil,  dan sepertiga lidah belakang. Jika pada salah satu atau semua bagian tersebut terjadi peradangan maka akan timbul rasa sakit ketika digunakan untuk menelan baik makanan atau minuman bahkan untuk menelan ludah sekalipun. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan faringitis ini?

Waspadai Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Dewasa Berikut

Penyebab Radang Tenggorokan bisa diklasifikasikan dalam 2 kategori yakni infeksi yang meliputi bakteri dan virus serta non infeksi seperti tumor, alergi, iritasi dan GERD. Dari beberapa hal tersebut, yang paling umum terjadi adalah dikarenakan infeksi virus. Virus ini juga bisa menyebabkan flu dan pilek. Nah berikut penjelasanya lebih lanjut.

Penyebab Radang Tenggorokan (infeksi)

1. Virus
Beberapa virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah sebagai berikut

  • flue
  • mononucleosis
  • campak
  • cacat air
  • common cold

2. Bakteri

  • streptococcus pyogenes
  • batuk rejan
  • difteri (penyakit pernafasan)

Penyebab Radang Tenggorokan (non infeksi)

1. Alergi
Beberapa alergi bisa memicu radang tenggorokan seperti alergi terhadap jamur, debu, bulu kucing, dan serbuk sari.

2. Kekeringan
Kekeringan pada tenggorokan dikarenakan suhu udara yang panas dan kekurangan air minum juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Kekeringan pada tenggorokan juga bisa disebabkan bernafas melalui mulut.

3. Iritasi
Iritasi pada tenggorokan bisa disebabkan karena makanan seperti keripik, gorengan, alkohol, dan makanan pedas. Selain itu iritasi juga bisa dipicu oleh asap rokok dan polusi udara.

4. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
GERD merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang membuat isi lambung kembali ke atas (ke esofagus). Karena isi lambung tersebut bersifat asam maka bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang bisa berlanjut menjadi peradangan.

5. Tumor
Penyebab Radang Tenggorokan yang terakhir ini jarang dijumpai. Kanker pada pita suara, lidah atau tenggorokan bisa menimbulkan sakit pada tenggorokan. Gejala yang muncul seperti kesulitan menelan, suara serak, benjolan pada leher, darah pada air liur, dan bernafas berisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *