4 Cara Merawat Kulkas Agar Tahan lama

Author : admin Category :kumpulan tips January 2, 2016

Cara merawat kulkas – Salah satu alat rumah tangga yang diperlukan adalah kulkas. Kulkas memiliki fungsi untuk menyimpan sejumlah makanan agar tetap segar serta tidak cepat membusuk. Mengingat fungsinya yang penting untuk menjaga kebutuhan keluarga, maka bila kamu mempunyai kulkas, rawatlah dengan baik. Tetapi sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan kulkas agar tetap terawat. Lantaran, kulkas adalah barang elektronik yang tidak boleh dibersihkan secara sembarangan karena dapat menyebabkan timbulnya kerusakan, maka sebagian orang hanya mengelap atau membersihkan bunga es yang menempel.

4 Cara Merawat Kulkas Dengan Mudah

Cara Merawat Kulkas Agar Tahan lama

Tetapi ketika kamu sedang mengelap bagian dalam kulkas, apakah kamu benar – benar sudah membersihkannya dengan baik? Apakah cukup bagian dalam yang dibersihkan? Kalau tidak bagian mana lagi yang harus dibersihkan supaya kulkas tetap dalam kondisi fit untuk menyimpan makanan. Berikut jawaban dari sejumlah pertanyaanmu tersebut.

Beberapa cara merawat kulkas dengan mudah;

  1. Bersihkanlah kondensornya
    Selain bagian dalam kulkas, bagian luar kulkas juga harus kamu bersihkan. Caranya cabut terlebih dulu kabel kulkas dari stop kontak listrik. Kemudian bersihkanlah kondensor yang berlokasi pada bagian belakang kulkas supaya terbebas dari debu. Hal ini bertujuan supaya panas yang dilepaskan akibat mesin yang menyala bisa keluar dengan maksimal. Selain itu, kamu juga perlu untuk menyediakan jarak antara kulkas dengan dinding.
  1. Jagalah suhu kulkas
    Idealnya suhu freezer yaitu 0 derajat Fahrenheit. Kamu bisa mengecek suhu di freezer kamu dengan cara memasukkan thermometer ke dalam cangkir yang sudah diisi minyak, lalu masukkan ke kulkas semalaman. Bila esok harinya suhu tetap hangat maka, kamu harus turunkan suhu freezer. Kamu juga perlu memeriksa karet kulkas. Bila karet tidak dapat berfungsi dengan optimal, maka gantilah. Karena hal tersebut dapat pengaruhi suhu kulkas.
  1. Bersihkanlah interiornya
    Bagian dalam kulkas minimal dibersihkan 3 kali dalam satu tahun. Kamu tidak perlu matikan kulkas ketika ingin membersihkan bagian dalamnya. Kamu bisa memakai sabun cuci piring serta busa untuk membersihkan kulkas. Bila kulkas mengeluarkan bau tidak sedap, kamu bisa memakai air yang sudah dicampur dengan baking powder.
  1. Taruhlah sejumlah botol air
    Kulkas akan terus berusaha agar suhu tetap stabil seperti yang sudah kamu setting. Bila kulkas dalam keadaan kosong, hal ini membuat kulkas harus bekerja lebih berat untuk pertahankan suhu. Sehingga dengan memasukkan sejumlah botol air, suhu dalam kulkasmu akan terjaga sekaligus hal ini dapat menghemat energi.

Itulah sejumlah cara merawat kulkas agar tahan lama, semoga setelah ini kulkasmu dapat lebih bekerja secara maksimal ya. Selain menjaga agar kulkas tetap berfungsi optimal tentunya hal ini dapat menghemat energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *