Begini Cara Memilih Semangka Yang Sudah Matang, Jangan Asal Tebak

Author : admin Category :kumpulan tips June 17, 2016

Cara Memilih Semangka Yang Sudah Matang – Buah semangka adalah buah yang menyegarkan karena kandungan arinya cukup banyak. Oleh karena itu buah yang berwarna merah menyala ini sangat pas disantap ketika siang hari saat cuaca sedang panas panasnya atau digunakan untuk buka puasa. Memilih buah semangka terbilang gampang gampang susah. Hal ini lantaran kulitnya yang sangat tebal sehingga kita tidak bisa seketika mengetahui keadaan buahnya. Terkadang semangka yang berukuran besar ternyata buahnya masih mentah dan warnanya belum merah merona. Nah agar tak salah pilih, setidaknya ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli semangka. Telitilah mulai dari warna kulit, suara hingga beratnya.

Begini Cara Memilih Semangka Yang Sudah Matang, Jangan Asal Tebak

Tips Cara Memilih Semangka Yang Sudah Matang

1. Warna Kulit
Hal yang kasat mata yang bisa menjadi acuan saat memilih buah semangka adalah warna kulitnya. Perhatianlah apakah kulitnya memiliki area dengan warna kuning pucat. Jika anda menemukanya, maka kemungkinan buah tersebut sudah matang. Selain itu buah semangka yang matang juga bisa dilihat dari garis hijau tua pada kulitnya.

2. Bunyi
Setelah memperhatikan warna kulit, tepuk tepuklah pada permukaanya. Apabila saat ditepuk bergema cukup kencang, maka kemungkinan besar semangka tersebut masih muda. Sebaliknya jika suara yang ditimbulkan berbunyi “dung dung” atau “puk puk”, berarti sudah tua dan layak makan.

3. Berat
Memang tidak ada berat pasti untuk semangka yang sudah matang. Namun cobalah angkat, semangka yang sudah matang akan terasa mantap saat diangkat. Hal itu menandakan kandungan air didalam buah semangka tersebut sudah banyak.

Nah demikian tadi tips cara memilih buah semangka yang sudah matang. Jangan sampai semangka yang anda beli masih mentah saat dibelah, karena hal ini sering terjadi. Setidaknya tiga hal diatas bisa menjadi patokan agar tak salah pilih membeli semangka. Semangka yang anda beli bisa dimakan secara langsung sebagai buah pencuci mulut atau bisa juga dibuat es buah, jus atau olahan lainya. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *