Foto-Foto Kebakaran Di Gunung Merbabu Sungguh Dahsyat

Author : admin Category :news August 22, 2015

Foto Kebakaran Di Gunung Merbabu – Taman Nasional Gunung Merbabu atau yang disingkat TNGMb mengalami kebakaran hebat. Tidak diketahui penyebab dari kebaran tersebut. Lokasi kebakaran berada pada ketinggian antara 1700 mdpl hingga 2000 mdpl tepatnya di dusun Denokan, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Karena medanya yang curam dan tinggi membuat pemadaman sulit dilakukan. Hingga sampai berita ini diterbitkan petugas bersama relawan masih melakukan pemadaman secara manual.

Kebakaran Di Gunung Merbabu 3

foto Kebakaran Di Gunung Merbabu

Kebakaran yang melanda Gunung Merbabu terus meluas. Dari keterangan Andre Jatmiko kepala seksi wilayah II Gunung Merbabu, api sudah merambat sampai Dusun Kenalan yang berjarak 20 Km dari titik awal kebarakan. Meluasnya area kebarakan tersebut dipicu oleh tiupan angin yang kencang serta kondisi vegetasi yang kering. Jenis vegetasi yang terbakar antara lain rerumputan kering, rumput perdu,kemlanding gunung dan akasia. Kobaran api terlihat dari berbagai arah baik dari Magelang, Boyolali maupun Sleman. Api terlihat memanjang dari atas hingga ke lereng Gunung Merbabu. Sejauh ini api telah membakar kawasan TNGMb seluas 20 hektar yakni di desa Wonolelo dan banyuroto.

Dari pantauan siputnews, sampai jumat sore kemarin, ratusan petugas masih berusaha melakukan pemadaman di lokasi kebaran. Medanya yang terjal membuat pemadaman sulit dilakukan dan hanya dilakukan secara manual. Pemadaman menggunakan mobil pemadam kebakaran jelas tidak mungkin dilakukan, oleh sebab itu harus dilakukan secara manual yakni dengan teknik “gebyok”. Para petugas pemadam membuat alat dari kayu dan ujungnya menggunakan kawat. Alat tersebut kemudian digebyokan atau dipukul-pukulkan pada kobaran api. Selain itu petugas juga membuat pembatas selebar dua meter untuk memisahkan vegetasi yang terbakar dan yang tidak terbakar. Hal tersebut untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas.

Kebakaran di Gunung Merbabu juga sempat membuat seorang pendaki bernama Dede Andri terjebak selama 24 jam. Beruntung bagi pendaki asal bandung ini yang lolos dari kobaran api. Sebelumnya Dede mendaki Gunung Merbabu melalui jalur Suwanting. Dede sempat dilarang mendaki lantaran hanya seorang diri. Namun ia kemudian berhasil naik setelah bergabung dengan tiga pendaki lain yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Dede dan ketiga pendaki tersebut berhasil sampai di puncak Gunung Merbabu. Akan tetapi saat turun, ia tertinggal dari rombongan. Dede akhirnya turun sendiri melalui jalur Suwanting sementara tiga pendaki lainya turun melalui jalur Cunthel. Saat perjalanan turun, Dede menemui hutan perdu yang telah terbakar. Iapun memutuskan untuk bermalam disitu menunggu api padam. Untunglah sebagian api bisa padam, sehingga dede bisa kembali melanjutkan perjalanan turun menuju pos Suwanting.

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, Jalur pendakian di Gunung Merbabu resmi ditutup. Pihak SAR juga tengah mengamankan jalur Cuntel dan Tekelan. Kedua jalur tersebut adalah jalur resmi pendakian Gunung merbabu yang berada di Getasan, Kabupaten Semarang. Apabila ada pendaki melalui jalur resmi jelas akan terdeteksi oleh anggota SAR yang sudah bersiaga. Berikut ini foto-foto kebakaran di Gunung Merbabu yang berhasil kami dapatkan.

Kebakaran Di Gunung Merbabu 2

Foto Kebakaran Di Gunung Merbabu

Kebakaran Di Gunung Merbabu 4Kebakaran Di Gunung Merbabu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *