Hati-Hati Ini Ciri-Ciri Beras Plastik Dan Cara Membedakan Dengan Yang Asli

Author : admin Category :news May 20, 2015

Ciri-Ciri Beras Plastik – Bagi masyarakat Indonesia, beras adalah makanan pokok untuk kebutuhan makan sehari-hari. Namun kini warga Indonesia harus lebih berhati-hati dalam memberi beras, setelah beredarnya beras palsu yang terbuat dari plastik. Beras plastik ini disinyalir diproduksi di China yakni di Kota Taiyuan. Jika dikonsumsi, jelas saja beras plastik ini akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Sekilas beras plastik tersebut hampir sama dengan beras asli yang selama ini dikonsumsi. Namun demikian jika diperhatikan secara seksama tetap terdapat perbedaan antara beras plastik dan beras asli. Dari segi aroma, tesktur, warna tetap memiliki perbedaan. Yang paling tampak adalah ketika beras palsu tersebut sudah dimasak.

Ciri-Ciri Beras Plastik Dan Cara Membedakan Dengan Yang Asli

Ciri-Ciri Beras Plastik

Menurut dokter spesialis gizi Dr. Verawati sudarma, Mgizi, Sp GK sebagaimana dilansir di situs Dream, ada beberapa cara membedakan beras plastik dan asli. Pertama, beras asli memiliki tektur yang lembut karena menyerap air dan ketika dimasukan kedalam penanak nasi akan mengeras namun kelembutan tetap ada. Sementara beras palsu  memiliki tektur yang lembek dan semakin mengeras ketika dipanaskan. Ciri-ciri beras plastik secara kasat mata bisa dilihat dari tentur dan warna. Beras plastik memiliki tektur yang lembut dan licin serta berwarna putih secara keseluruhan. Untuk beras yang asli, tekturnya lebih kasar dan memiliki warna putih dan bening.

Cara membedakan beras plastik dan asli juga bisa dilakukan setelah beras tersebut dimasak. Beras asli memiliki rasa yang manis karena kandungan glukosa didalamnya terurai sempurna. Sementara beras plastik tidak berasa alias hambar. Dari Aroma juga terdapat perbedaan beras asli dan plastik. Aroma beras asli lebih wangi karena mengandung H2O di dalam beras yang akan mengeluarkan wangi ketika menjadi nasi. Aroma beras plastik cenderung sangit dan beraroma seperti bahan kimia. Ketika dimasak menjadi bubur, beras plastik akan sulit hancur.

Beredarnya beras plastik ini tentu meresahkan masyarakat. Ditengah mahalnya bahan-bahan pokok, masyarakat harus menghadapi ancaman berbagai penyakit akibat beras plastik tersebut. Dengan mengenali beberapa Ciri-ciri beras plastik diatas, setidaknya anda bisa mengetahui cara membedakan beras plastik dan asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *