Akhirnya Kabinet Jokowi Jk Diumumkan, Berikut Susunan Lengkapnya

Author : admin Category :Indonesiaku October 27, 2014

Jokowi JK secara resmi dilantik menjadi presiden Indonesia untuk 5 tahun kedepan pada 20 oktober lalu. Namun demikian Jokowi tak langsung mengumumkan siapa saja yang akan mengisi kabinetnya. Hal ini membuat berbagai spekulasi nama-nama yang akan menjadi menterinya. Berbagai lembaga surveypun merilis daftar nama yang diperkirakan akan menjadi kandidat kuat menteri Jokowi JK. Namun teka-teki tersebut kini terjawab sudah, setelah Joko Widodo dan Jusuf Kalla didampingi ibu Negara Iriana dan Mufida mengumumkan susunan kabinetnya. Nama-nama yang sudah tak asing lagi di telinga kita seperti Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Rini Sumarno mengisi kabinet Jokowi JK. Namun demikian tak sedikit juga nama-nama yang masih terdengar asing ditelinga kita. Siapa saja mereka? simak ulasan lengkapnya berikut ini

kabinet jokowi jk diumumkan

Kabinet Jokowi JK yang baru saja diumumkan diberi nama “Kabinet Kerja”. Penetapan menteri ini dilakukan secara cermat dan hati-hati agar bisa bekerja secara maksimal selama 5 tahun kedepan. Dalam pemelihanya Jokowi menggandeng KPK untuk memastikan menteri-menteri yang akan mendampinginya adalah tokoh yang akurat, tepat dan tentunya bebas dari kasus korupsi. Selain itu Jokowi juga sudah mengantongi persetujuan DPR terkait perubahan nomenklatur beberapa kementrian. Jokowi Juga menambahkan bahwa pengumuman susunan kabinet kerja ini diumumkan pada hari ke-6 setelah Jokowi dan JK dilantik. Ini berbarti pengumuman tersebut lebih cepat 8 hari dari batas maksimum yang tercantum dalam UU tentang kementrian Negara. Diantara nama-nama Kabinet Jokowi JK yang telah diumumkan tersebut ada nama Prof. Pratikno, M.soc.Sc rektor UGM yang dipilih menjadi Menteri Sekretaris Negara. Pratikno sendiri terpilih menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2012 lalu. Sebelumnya Pratikno telah dinobatkan sebagai Guru Besar Fak. Ilmu Sosial dan ilmu politik UGM. Dalam karirnya di dunia akedemik, Pratikno sering melalukan penelitian tentang politik lokal dan jaringan pemerintahan yang menjadi bidang keahlianya. Pada saat menjelang pemilu lalu, ia juga sering menjadi pembicara di sejumlah workshop.

Selain Pratikno, ada nama Muhammad Hanif yang dipercaya Joko widodo untuk mengisi kabinet kerjanya sebagai menteri Tenaga Kerja. Hanif sendiri adalah lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga atau yang dikenal STAIN Salatiga jurusan Bahasa Arab. Selama menjadi mahasiswa ia dikenal sebagai aktivis dan tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII. Selain itu saat ia masih menjadi mahasiswa terkesan slengekan dengan rambut gondrongnya. Hal ini lantas membuat banyak orang terkejut ketika ia dipilih menjadi Menteri. Dari penuturan Rini ytang merupakan Humas STAIN Salatiga, Hanif adalah Alumni STAIN Salatiga pada tahun 1996. Ia juga menambahkan segenap sivitas akademika STAIN Salatiga turut bangga dengan terpilihnya Hanif Dhakiri sebagai Menteri Tenaga Kerja. Berikut Menteri-menteri yang akan mendampingi Jokowi JK selama 5 tahun kedepan.

Daftar Nama Menteri Kabinet Jokowi-JK 2014-2019

  1. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno
  2. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Andrinof A Chaniago
  3. Menko bidang Kemaritiman: Indroyono Susilo
  4. Menteri Kelautan Perikanan: Susi Pudjiastuti
  5. Menteri Perhubungan: Ignasius Jonan
  6. Menteri Pariwisata: Arief Yahya
  7. Menteri ESDM: Sudirman Said
  8. Menko Politik Hukum dan Keamanan: Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno
  9. Menteri Dalam Negeri: Tjahjo Kumolo
  10. Menteri Luar Negeri: Retno Priansari Marsudi
  11. Menteri Pertahanan: Ryamizard Ryacudu
  12. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H. Laoly
  13. Menteri Komunikasi dan Informatika: Rudiantara
  14. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Yuddy Chrisnandi
  15. Menko Perekonomian: Sofyan Djalil
  16. Menteri Keuangan: Bambang Brodjonegoro
  17. Menteri BUMN: Rini Soemarno
  18. Menteri Koperasi dan UKM Anak :Agung Gusti Ngurah Puspayoga
  19. Menteri Perindustrian: Saleh Husin
  20. Menteri Perdagangan: Rahmat Gobel
  21. Menteri Pertanian: Andi Amran Sulaiman
  22. Menteri Tenaga Kerja: Muhammad Hanif Dhakiri
  23. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadimuljono
  24. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya
  25. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Ferry Mursyidan Baldan
  26. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani
  27. Menteri Agama: Lukman Hakim Saifuddin
  28. Menteri Kesehatan: Nila F Moeloek
  29. Menteri Sosial: Khofifah Indar Parawansa
  30. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohana Susana Yembise
  31. Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah: Anies Baswedan
  32. Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi: Muhammad Nasir
  33. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam: Nahrawi
  34. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Marwan Jafar

Itulah tadi Daftar Menteri Kabinet Jokowi JK yang telah resmi diumumkan. Lukman Hakim kembali terpilih menjadi Menteri Agama. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Lukman Hakim terpilih menjadi Menteri Agama pada juni 2014 lalu menggantikan Suryadharma Ali. Pria berkacamata ini juga sudah beberapa periode menjadi anggota DPR RI yakni pada periode 1999-2004, 2004-2009 dan terakhir 2009-2014. Lukman dikenal sebagai tokoh NU, setelah lulus dari SMP ia lantas melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang berlokasi di Ponorogo Jawa Timur. Setelah tama Lukman kemudian melanjutkan studinya di Univesitas Islam As-Syafiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *