Apa Itu Kartu Indonesia Sehat Dan Bagaimana Cara Mendapatkanya?

Author : admin Category :Indonesiaku November 9, 2014

Kartu Indonesia Sehat – Presiden terpilih Joko Widodo telah meluncurkan program pertamanya yang dikenal Kartu Sakti, Senin 3 November 2014 lalu. Kartu “sakti” ini terdiri dari 3 kartu yakni Kartu Indonesia Sehat (KIH), kartu keluarga sejahtera (KKS) dan terakhir Kartu Indonesia Pintar atau KIP. Ketiga kartu “sakti” ini masuk dalam program Government to person atau yang disingkat G2P yakni bantuan bagi keluarga kurang mampu seperti BLSM pada pemerintahan SBY lalu. Perbedaanya jika pada pemerintahan SBY diberikan secara tunai melalui kantor pos. maka sekarang diberikan secara non tunai yakni melalui kartu. Menurut Kholifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial, program ini akan ditujukan bagi masyarakat miskin dengan jumlah 1,289 juta yang akan diberikan secara bertahap. Total anggaranya mencapai Rp 6,44 trilliun dan diambilkan dari anggaran Bantuan Sosial Kementrian Sosial.

kartu indonesia sehat jokowi

Apa Itu Kartu Indonesia Sehat?

Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah program untuk meringankan beban bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan kesehatan. Kartu Indonesia Sehat atau yang disingkat KIS akan diberikan kepada masyarakat yang sudah terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Dengan demikian program KIS ini tidak akan menggeser sistem JKN yang telah ada. Dalam pelaksanaanya nanti, pemerintah memberikan mandat kepada BPJS Kesehatan untuk menjadi penyelenggara.

Jumlah penerima Kartu Indonesia Sehat ini akan bertambah, hal ini lantaran orang-orang yang menyandang masalah kesejahteraan seperti para tuna wiswa tidak dimasukan selama ini . Pada tahap pertama yang akan berlansung sampai akhir 2014 ini ada 19 provinsi yang akan menerima KIS. Sementara itu untuk provinsi lainya akan dibagikan pada tahap berikutnya. Harapanya pada tahun 2015 nanti, setiap penduduk indonesia yang menyandang status prasejahtera akan memiliki KIS ini. Dalam proses pendistribusianya, nanti akan bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia dan bank mandiri.

Lantas Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat tersebut?

KIS akan didapatkan secara mudah bagi masyarakat kurang mampu. Jadi nanti tinggal datang ke kantor pos dengan membawa Kartu Perlindungan Sosial atau KPS. KPS yang masih aktif kemudian akan diproses dan anda akan segera mendapatkan kartu tersebut. KPS sendiri merupakan sebuah kartu sebagai penanda rumah tangga kurang mampu. Di dalam KPS ini memuat nama kepala rumah tangga dan nama anggota keluarga, alamat rumah dan nomor identitas. KPS selama ini digunakan untuk mengambil berbagai bantuan seperti RASKIN, BSM dan BLSM. Selain KIP, KIS, dan KKS nantinya juga akan diberi sebuah SIM Card. SIM Card ini berisi uang elektronik yang digunakan petugas dalam mengecek nominal uang yang ada.

Nah itulah tadi informasi tentang program Kartu Indonesia Sehat Jokowi serta bagaimana cara mendapatnya. Sedangkan kartu jokowi lainya yakni Kartu Indonesia Pintar ditujukan untuk keluarga miskin yang ingin memberikan pendidikan layak pada anaknya secara gratis. Pada tahap pertama, KIP akan segera didistribusikan di 18 provinsi dengan sasaran 152.434 siswa baik dari jenjang sekolah dasar, menengah pertama hingga sekolah menengah atas.

2 thoughts on “Apa Itu Kartu Indonesia Sehat Dan Bagaimana Cara Mendapatkanya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *