Jika Gunung Slamet Meletus Apa Benar Akan Membelah Pulau Jawa ?

Author : admin Category :Indonesiaku September 13, 2014

Apakah Jika Gunung Slamet Meletus akan membelah pulau Jawa? Pertanyaan itulah yang muncul di benak sebagian orang menyikapi meningkatnya aktivitas Gunung Slamet akhir-akhir ini. Hal ini didasari oleh sebuah mitos yang telah beredar dari mulut-ke mulut sejak jaman dulu. Mitos tersebut adalah jika gunung slamet meletus dalam skala besar akan membelah pulau jawa sehingga menjadi dua bagian. Di daerah Purwokerto, Banyumas dan sekitarnya berkembang sebuah cerita jika suatu saat Gunung Meletus besar maka akan terbentuk parit yang akan menyatukan antara laut jawa dan laut selatan. Lantas apakah mitos tersebut benar-benar akan terjadi?

letusan gunung slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru yakni dengan ketinggian 3. 428 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak ditengah-tengah pulau jawa tepatnya di perbatasan antara kabupaten Tegal, Banyumas, Purwokerto, Pemalang, dan Brebes Jawa Tengah. Mitos tentang Gunung Slamet yang mengatakan jika  Gunung Slamet meletus akan membelah Pulau jawa tersebut kemudian dihubungkan dengan Ramalan Jayabaya. Ramalan ini mengatakan bahwa suatu ketika Pulau jawa ini akan terbelah menjadi dua bagian. Entah ramalan Ki jayabaya terlebih dahulu atau Mitos tersebut, namun keduanya selalu dikaitkan.

Ramalan ataupun mitos tersebut jika dihubungkan dengan meletusnya Gunung krakatau memang bukanlah suatu hal yang mustahil. Ratusan tahun silam tepatnya pada 27 Agustus 1883 terjadi letusan hebat di Gunung Krakatau yang terletak di selat Sunda. Akibat dari Letusan Gunung Krakatau tersebut timbul awan panas serta tsunami yang menewaskan sekitar 36 ribu jiwa. Bahkan sebelum letusan ini, beberapa peneliti mengatakan telah terjadi letusan hebat yang menyebabkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa terpisah.

Tentu kita semua berharap aktivitas Gunung Slamet yang akhir-akhir ini meningkat, tidak sampai terjadi letusan besar. Sehingga mitos yang mengatakan jika Gunung Slamet meletus akan membelah pulau jawa benar-benar tidak terjadi. Pemberian nama Slamet sendiri tentu mengandung sebuah harapan. Ya, Slamet dalam bahasa jawa berarti selamat. Gunung Slamet di jawa tengah diharapkan bisa tetap membuat rasa aman bagi warga yang tinggal dilerengnya sehingga tetap selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *