Mengenal Susi Pudjiastuti, Kabinet Jokowi Lulusan SMP

Author : admin Category :Indonesiaku October 28, 2014

Kabinet Jokowi JK telah resmi diumumkan dengan jumlah 34 kementrian. Jumlah tersebut sama dengan pemerintahan SBY, hanya saja terdapat perubahan nama pada 6 kementrian. Yang cukup menarik, dari 34 menteri yang dipilih Jokowi 8 diantaranya adalah perempuan. Ini merupakan jumlah terbanyak dibanding beberapa periode pemerintahan sebelumnya. Menteri perempuan Jokowi tersebut diantaranya Rini Sumarno, Siti Nurbaya, Nila F Moeloek, Puan Maharani, Kholififah Indar Parawansa, Yohana Yambise, Retno LP Marsudi, dan Susi Pudjiastuti. Nama Susi Pudjiastuti ternyata menjadi satu dari 8 menteri perempuan jokowi yang mendapat banyak sorotan. Hal ini lantaran wanita berumur 50 tahun tersebut hanya lulusan SMP. Bagaimana bisa wanita lulusan SMP bisa menjadi Menteri? simak Biografi Susi Pudjiastuti berikut:

biografi susi pudjiastuti

susi pudjiastuti saat ditanya awak media

Susi Pudjiastuti memang selalu tampil nyentrik, dengan gaya bicara ceplas-ceplos. Suaranya terdengar berat sehingga lebih terkesan seperti laki-laki, tak jarang wanita ini ditemui dengan sebatang rokok yang dihisapnya. Gambar tato di beberapa bagian tubuhnya semakin menambah kesan “angker” wanita kelahiran Pangandaran, 15 januari 1965 silam tersebut. Karena gayanya yang tak lazim tersebut Susi menjadi bahan sorotan para netizen. Namun penampilan Susi tersebut setidaknya menggambarkan kerasnya hidup yang ia tempuh.

Susi Pudjiastuti yang baru saja dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan merupakan pebisnis yang benar-benar merangkak dari bawah. Setelah memutuskan untuk keluar dari sekolah menengah atas (SMA), Susi kemudian menjalani hari-harinya sebagai pengepul ikan. Berawal dari modal yang pas-pasan, ternyata usaha susi membuahkan hasil, Bisnis ikan laut yang ia tekuni terus berkembang. Kendati demikian Susi tidak terus berpuas diri, ia kemudian melirik daerah lain yakni di daerah Pangandaran. Disanalah ia menuai keberuntungan, Usaha perikananya berkembang pesat. Ia lantas mendirikan sebuah pabrik pengolahan ikan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Jika sebelumnya hanya berdagang ikan dan udang saja, Susi Pudjiastuti mulai memasarkan Lobster yang berorientasi ekspor. Susi memasarkan daganganya sendiri ke Jakarta yang ditawarkan di restoran-restoran. Di Jakarta, Susi menemukan pasar yang lebih luas yakni ekspor. Karena permintaanya cukup tinggi, ia akhirnya mencari supay lobster di berbagai daerah di Indonesia.

Karena ia harus mengambil lobster di berbagai daerah di Indonesia dan kemudian mengekspornya ke luar negeri maka ia mengalami masalah dalam hal transportasi. Jika menggunakan kapal laut tentu saja lobster akan terancam busuk. Saat itulah timbul untuk membeli sebuah pesawat. Sang suami yakni Christian Von Strombeck yang berprofesi sebagai pilot mendukungnya. Akhirnya sebuah pesawat jenis Cessna ia beli untuk mengangkut lobster dari satu titik ke titik yang lain. Dengan pesawat tersebut produktivitas perdagangan ikan dan lobster yang dijalani Susi Pudjiastuti semakin meningkat. Belakangan pesawat yang awalnya hanya untuk mengankut barang dagangan berkembang menjadi pesawat penumpang. Susi akhirnya mengembangkan bisnis pesawat carter dengan nama Susi Air. Saat ini Susi Air telah memiliki 46 pesawat kecil dengan jenis yang berbeda-beda seperti Avanti, Cessna, dan Porter. Harga pesawat jenis Cessna adalah Rp 20 milliar setiap unitnya. Untuk jenis Avanti bahkan empat kali lebih mahal.

Susi Pudjiastuti, Menteri Jokowi JK yang hanya lulusan SMP ini juga telah membangun sebuah sekolah pilot di daerah pangandara. Tujuannya tidak lain adalah untuk membangun SDM di daerah Pangandaran dan sekitarnya. Selain itu juga untuk mengurangi jumlah asing yang saat ini masih mendominasi maskapai penerbanganya tersebut. Untuk mengetahui Biografi Susi Pudjiastuti secara detail berikut jabaran yang pernah diduduki Susi dan beberapa penghargaan yang telah diterimanya.

Jabatan Susi Pudjiastuti

  1. CEO of PT. ASI Pudjiastuti (Marine).
  2. CEO of PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air).
  3. CEO of PT ASI Pudjiastuti Flying School (Susi Flying School).
  4. CEO of PT ASI Geosurvey.
  5. Board of Advisor of HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia).
  6. Independent Environmental Activist.
  7. Ketua Komite Pembangunan UKM Kadin Indonesia

Penghargaan yang pernah diterima Susi Pudjiastuti

  1. Purwa Citra Priangan, Peningkatan Kehidupan Nelayan; by Pikiran Rakyat, 2004
  2. Pelopor Wisata; by West Java Department of Culture & Tourism, 2004.
  3. Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise; by President of RI, 2005.
  4. Young Entrepreneur of the Year; by Ernst and Young Indonesia, 2005.
  5. Pelopor Ekspor Ikan Laut; by Governor of West Java, 2005.
  6. Award for Economics, Inspiring Woman Award for Economics; by Metro TV, 2006
  7. Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, by Governor of West Java, 2008.
  8. Saudagar Tatar Sunda, by KADIN of West Java, 2008.
  9.  The Best Indonesia Berprestasi Award; by PT. Excelcomindo Pratama, 2009
  10. Sofyan Ilyas Award, by Ministry of Marine Affair and Fisheries, 2009.
  11. The Indonesian Small & Medium Business Entrepreneur Award; by Ministry of Cooperative & SMEs, 2010
  12. Ganesha Widya Jasa Aditama Award; by Institut Teknologi Bandung, 2011
  13. U.S; by APEC, 2011
  14. Award For Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy; APEC Women and the economy summit (WES)
  15. People of The Year 2013; by MNC Group Newspaper (Koran Sindo), 2014

Itulah tadi biografi Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan yang tergabung dalam Kabinet Kerja Jokowi JK. Meski ia hanya lulusan SMP namun prestasi yang ia torehkan layak diacungi jempol. Semoga dengan dipilihnya Susi Pudjiastuti menjadi Menteri, bisa membawa perubahan bagi Indonesia khususnya di sektor Kelautan dan Perikanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *