Pembelian Alutsista TNI Terbaru Akan Perkuat Pertahanan Nasional

Author : admin Category :Indonesiaku December 16, 2014

Pembelian Alutsista TNI Terbaru atau alat utama sistem senjata baik TNI AL ataupun TNI AD tentunya akan memperkuat TNI dalam rangka mempertahankan NKRI. Untuk angkatan laut, TNI telah membeli tiga buah kapal perang serta sedang membangun tiga buah kapal selam. Sementara itu untuk angkatan darat, baru-baru ini TNI baru saja membeli alutsista bernama Multiple Launch Rocket System atau yang disingkat (MLRS). Seperti apa kekuatan alutsista TNI tersebut? berikut ulasanya.

alutsista tni terbaru

MLRS, Alutsista TNI AD terbaru

MLRS didatangkan dari Avibras Industrua Aerospacial yakni sebuah industri alat perang yang berada di brazil. Alutsista ini memiliki kekuatan yang luar biasa jadi layak untuk memperkuat militer Indonesia. MLRS mampu meluncurkan roket dengan jarak sangat jauh, bahkan daya ledaknya mampu menghancurkan wilayah seluas dua hektare. Alutsista ini rencananya akan ditempatkan TNI AD di pusat pendidikan artileri medan atau yang disingkat Armed. Saat ini MLRS Avibras telah digunakan di lima negara yang totalnya adalah 180 unit. Kelebihan dari Multiple Launch Rocket System adalah mobilitasnya yang tinggi. Pasalnya Alutsista TNI AD ini bisa diangkut menggunakan pesawat TNI C-130 hercules. Beda dengan T-122/300 roketsan buatan turki yang harus melepas sejumlah perangkat agar bisa diangkut menggunakan pesawat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi dan kehandalan MLRS Avibras memiliki kemampuan diatas T-122/300. Avibras selama ini sudah membuktikan produk-produknya memiliki kemampuan operasiaonal hingga 90% selama kurun waktu 25 tahun. Pengadaan alutsista TNI AD terbaru ini tidak ada persoalan dalam artian tidak ada yang melanggar prosedur. Pendalaman baik dari aspek harga maupun teknis sudah dilakukan dengan melibatkan Inspektorat Jenderal Kemenhan, BPK, BPKP, itjen Kemenhan, ahli hukum kemenham, biro hukum, badan sarana pertahanan, dan setjen.

Alutsista TNI AL

Jika TNI AD telah membeli MLRS guna memperkuat persenjataanya, hal yang sama juga dilakukan oleh TNI AL. Selama resntra pertama dari tahun 2010 hingga 2014 TNI AL telah membangun kekuatan dengan membeli Alutsista berupa 3 buah kapal perang. Ketiga buah kapal perang tersebut adalah KRI Multomo, Usman Harun dan John Lie. Tak hanya itu saja saat ini TNI AL tengah membangun 3 buah kapal selam du diantaranya produksi penuh di Korea. Sementara itu satu kapal lagi merupakan kerjasama antara galangan di Indonesia dan Korea.Menurut Laksamana TNI DR Marsetio kekuatan sistem senjata armada yang terpadu harus ada marinir, kapal perang, pangkalan serta pesawat udara. Untuk kapal selam sendiri menurutnya sampai tahun 2018 nanti akan dibangun 12 kapal selam.

Masih menurut Marsetio, TNI AL memiliki tiga pesan, pertama menegakan kedaulatan, kedua kontabulari yakni penegakan hukum seperti ileggal fishing, migran, narkoba, mining serta money loundry sedangkan yang ketiga menjalin hubungan diplomasi dnegan negara luar. Sebagai contoh TNI AL mengirim kapal selam ke Libanon. Alutsista TNI terbaru tersebut akan semakin memperkuat sistem pertahanan Nasional dalam rangka menjamin keutuhan NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *