foto/ gambar Uang NKRI Baru

Resmi Diedarkan, Berikut Perbedaan Uang NKRI

Indonesia kini telah memiliki uang baru dengan nama uang NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) pecahan Rp 100 ribu. Peluncuran uang NKRI ini didasari oleh UU pasal 42 no. 7 tahun 2011 tentang mata uang. Peluncuran uang NKRI ini dilaksanakan pada 17 agustus lalu bertepatan dengan ulang tahun Indonesia ke-69. lalu apa perbedaan uang NKRI ini dibanding uang yang telah beredar sebelumnya.

foto/ gambar Uang NKRI Baru
foto/ gambar Uang NKRI Baru

Ada beberapa perbedaan uang NKRI pecahan Rp 100 ribu ini baik dipandang dari filosofinya atau dari bentuknya. Selama ini uang yang beredar tidak memiliki frase NKRI seperti yang diamanatkan UU no.7 tahun 2011. Oleh karena itu pemerintah bersama BI meluncurkan uang Rp 100 ribuan ini sebagai uang NKRI. Jika diamati secara seksama maka pada uang NKRI ini terdapat frase NKRI, gambar, burung Garuda, serta lambang BI. Hal ini juga bukan menganggap bahwa selama ini BI bukan bagian dari NKRI, akan tetapi hanya untuk mempertegas saja bahwa uang tersebut adalah uang Indonesia.

Perbedaaan uang NKRI yang lain adalah jika selama ini yang menandatangani hanya Gubernur BI, maka pada uang NKRi ini ditandatangani oleh Menkeu sebagai wakil pemerintah dan Gubernur BI. Menteri Keuangan Republik Indonesia yakni Chatib Basri juga mengungkapkan bahwa beredarnya Uang NKRI ini bagian dari Kedaulatan Republik Indonesia yakni kedaulatan menggunakan Uang Rupiah seperti yang tercantum dalam UU. no.7 tahun 2011.

Kini uang BKRI sudah bisa didapatkan di ATM seluruh bank di Indonesia. Memang pada tahap awal ini baru dicetak untuk pecahan Rp 100 ribu saja. Hal ini dikarenakan keterbatasan Perum Peruri sebagai perusahaan percetakan Uang RI. Namun untuk kedepanya Uang NKRI ini akan diaplikasikan pada seluruh pecahan mata uang rupiah secara bertahap. Kendati demikian uang model lama akan tetap dicetak hanya saja dalam porsi yang lebih sedikit. Keduanya tetap sama-sama berlaku dan digunakan. Penggunaan uang NKRI ini akan bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *