Ini Alasan Atau Penyebab Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 Ribu/ Bungkus

Author : admin Category :news August 20, 2016

Alasan Atau Penyebab Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 Ribu – Soal Rokok dan Kesehatan memang menjadi perbincangan hangat sejak lama. Upaya upaya untuk mengurangi jumlah perokok pun terus dilakukan. Kini muncul topik baru yang sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat yakni naiknya harga rokok. Seperti biasa, setiap kebijakan pasti ada pro dan kontranya. Banyak yang mendukung naiknya harga rokok tersebut, tapi tak sedikit juga yang menentang.

Ini Alasan Atau Penyebab Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 Ribu

Rencana untuk menaikan harga rokok dua kali lipat ini telah disampaikan pemerintah sejak beberapa waktu lalu dan sudah mendapat persetujuan DPR. Banyak yang bertanya tanya apa sebenarnya alasan atau penyebab harga rokok naik menjadi Rp 50 ribu per bungkus ?  Alasanya tidak lain adalah untuk mengurangi jumlah perokok. Rokok dapat meningkatkan angka kematian dan membekaknya biaya yang dikeluarkan oleh negara untuk mengobati masyarakat yang terkena dampa dari rokok.

Hasbullah Thabrany, Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan kebijakan kesehatan dari Universitas Indonesia membuat sebuah studi. Hasil studi tersebut mengungkapkan, perokok aktif akan berhenti merokok jika harganya naik dua kali lipat. Survei dilakukan terhadap seribu orang melalui telepon dari Desember 2015 hingga Januari 2016. Sebanyak 76 persen perokok setuju jika harganya dinaikan dan sebanyak 72 persen akan berhenti merokok jika harganya diatas Rp 50 ribu.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota DPR dari fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago. Menurutnya kenaikan harga rokok tersebut memang tak bisa menekan perokok aktif secara signifikan. Akan tetapi dengan naiknya harga rokok bisa menekan jumlah anak dibawah umur yang ingin merokok. Irma juga berpesan agar kenaikan ini tidak menguntungkan perusahaan rokok. Kenaikan harus murni untuk cukai dan 50 persen dari kenaikan digunakan untuk dana kesehatan masyarakat.

Jadi Alasan Atau Penyebab Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 Ribu adalah alasan Kesehatan. Strategi ini juga sudah terbukti ampuh di beberapa negara. Rokok di Indonesia memang paling murah jika dibandingkan dengan negara negara lain. Di Singapura misalnya, satu bungkus rokok harganya Rp 120 ribu . Sementara di Indonesia dengan harga Rp 12 ribu sudah bisa membeli sebungkus rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *