Jika Tanggal Lebaran 2015 Berbeda, Menag Meminta Masyarakat Arif

Penetapan tanggal lebaran 2015 berpotensi berbeda antar organisasi islam ataupun pemerintah. Di Indonesia sendiri perbedaan perayaan hari raya Idul Fitri sudah terjadi berulang kali. Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan dalam menentukan 1 syawal. Muhamadiyah berperdoman pada hisap (hitungan) bahwa 1 syawal 1436 H jatuh pada jumat 17 Juli 2015. Praktis hal tersebut membuat bulan ramadhan tahun ini hanya 29 hari bagi Muhammadiyah. Sementara NU, menetapakan 1 syawal berdasarkan rukyatul hilal atau pengamatan pada bulan sabit muda.

Tanggal Lebaran 2015 Berbeda

Tanggal lebaran 2015 menurut PBNU bisa terjadi pada sabtu 18 juli 2015. Menurut H Nahari Muslih selaku sekretaris Lajnah Falakiyah PBNU, posisi hilal pada 29 ramadhan ketika diadakan rukyatul hilal tahun ini sangat tipis sehingga kemungkinan tidak bisa dilihat. Menurutnya posisi hilal hanya tiga derajat sehingga sangat susah dalam melakukan rukyatul hilal. Berdasarkan hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika NU menggenapkan puasa ramadhan tahun ini menjadi 30 hari.

Menanggapi perbedaan tanggal lebaran 2015 tersebut, Menteri agama Lukman Hakim meminta agar bisa masyarakat bisa saling menghargai. Lukman mengharapkan semua umat islam di Indonesia memiliki kesamaan termasuk dalam memasuki hari raya idul fitri. Akan tetapi jika memang ada perbedaan, Lukman meminta agar perbedaan tersebut bisa disikapi secara arif. Agar tetap terjadi keharmonisan, Lukman mengaku telah menjalin komunikasi dengan organisasi masyarakat dan juga para ulama.

Perbedaan penetapan 1 syawal di Indonesia telah terjadi berulang kali. Akan tetapi selama ini tidak menimbulkan gejolak di Masyarakat. Jika tahun ini terjadi perbedaan lagi, tentu kita harus bisa saling menghargai karena penetapan tersebut memiliki landasan dan penjelasan masing-masing. Namun hal tersebut masih sebuah kemungkinan. Untuk secara pastinya kita tunggu saja sidang isbat dan pengumuman dari pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *