Pastikan Pesawat AirAsia Ditemukan, Ini Puing-Puing Temuan Basarnas

Author : admin Category :news December 31, 2014

Pesawat AirAsia Ditemukan – Basarnas telah memastikan bahwa puing-puing pesawat yang ditemukan di sebelah barat daya Pangkalan Bun, Kalteng adalah milik Pesawat AirAsia QZ8501. FYI, Pesawat AirAsia QZ8501 yang berangkat dari Surabaya menuju Singapura hilang kontak sejak minggu tanggal 28 Desember 2014. Diduga hal tersebut dikarenakan pilot pesawat ingin menghindari awan cumulonimbus yang selama ini dikenal sebagai rajanya awan. Kepastian ini berkat ditemukanya tiga benda yang bisa dipastikan adalah milik pesawat Airasia.

pesawat air asia ditemukan

Kronologi Penemuan Puing-puing pesawat, yang meyakinkan Pesawat AirAsia Telah Ditemukan:

  1. 10:05 Pesawat milik TNI AU menemukan puing-puing yang mengapung di  03 derajat, 46 menit, 50 selatan, 110 derajat 29 menit 27 Timur.
  2. 11:07 Pesawat hercules milik TNI AU menemukan lempengan logam di posisi 08 derajat 50 menit 43 selatan, 110 derajat 29 menit 21 point 8 Timur.
  3. 12.50 Pesawat hercules menemukan sebuah obyek bayangan didalam laut seperti bentuk pesawat.
  4. 13.25 Pencarian dilanjutkan untuk meyakinkan semua penemuan benda tersebut dan melihat jasad yang mengapung yang diduga penumpang AirAsia
  5. 14.00 Kapal KRI Bung Tomo dan helikopter milik Basarnas melakukan pencarian emergency exit pesawat AirAsia QZ8501
  6. 13.50 KRI BungTomo menemukan serpihan yang diduga adalah pintu darurat atau emergency exit door pesawat.

Setelah ditemukan beberapa serpihan yang diduga milik pesawat Air Asia QZ9801, Bambang Soelistyo selaku koordinator Basarnas langsung memberikan keterangan pers. Dalam keteranganya Tim Basarnas akan mengevakuasi benda-benda tersebut dan dugaan temuan jasad penumpang untuk kemudian membawanya ke Pangkalan Bun. Bambang juga menjelaskan dengan penemuan emergency exit door tersebut, maka dipastikan 100 persen lokasi yang tergambar adalah lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

Kepastian Pesawat AirAsia telah ditemukan ini diperkuat dengan penemuan aspirator assembly yang sama dengan pesawat AirAsia. Untuk memastikan bahwa benda tersebut milik pesawat AirAsia, Basarnas telah menghadirkan teknisi dari AirAsia. Selain itu, tim pencarian gabungan juga menemukan koper kecil warna biru yang diduga milik penumpang pesawat AirAsia. Ditemukan juga sebuah alat bernama reservoir slide craft yang dipastikan adalah milik pesawat AirAsia yang hilang.

Tak lama setelah Basarnas menemukan puing-puing pesawat dan korban beredar kabar bahwa tim telah menemukan 40 korban di lokasi pencarian pesawat. Namun kabar tersebut dibantah oleh Manahan Simorangkir, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut. Menurut Manahan sejauh ini baru ada tiga orang korban yang ditemukan. Pihaknya mengaku kesulitan berkomunikasi lantaran banyak unsur yang tergabung di lokasi pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *