Pengumuman CPNS 2014 Nyatakan Putri Jokowi Tidak Lulus

Author : admin Category :news December 23, 2014

Pengumuman CPNS 2014 membuat putri Jokowi Kahiyang Ayu harus menunda keinginanya untuk mengabdi ke Negara. Pasalnya ia harus menerima kenyataan tidak lulus CPNS 2014. Hal ini menunjukan bahwa memang tidak ada hak istimewa untuk siapapun termasuk dari keluarga pejabat Negara. Nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kahiyang yang rendah dari kedua tes lainya adalah penyebabnya. Beberapa waktu sebelumnya beredar kabar bahwa putri dari orang nomor satu di Indonesia tersebut akan diluluskan. Akan tetapi sekarang masyarakat bisa melihat bahwa tidak ada hak istimewa untuk siapapun dalam tes CPNS ini.

pengumuman cpns 2014

Menanggapi pengumuman CPNS 2014 yang tidak meluluskan Kahiyang, Menteri pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi atau yang disingkat Menpan RB yakni Yuddy Chirsnandi turut prihatin atas ketidak lulusan Kahiyang. Namun ia juga menyampaikan hal tersebut sekaligus menunjukan keteladanan Jokowi yang sama sekali tidak ikut campur tangan. Chrisnandi juga menyebutkan tes CPNS 2014 ini memang sangat ketat. Hanya mereka yang memiliki nilai diatas passing grade pada Tes Kemampuan Dasar yang mampu bersaing. Dengan demikian PNS akan dipenuhi oleh orang-orang terbaik dalam bidangnya masing-masing.

Dilain kesempatan, Setiawan Wangsaatmaja selaku Debuti Bidang SDM Aparatur Kementrian PANRB mengatakan lulus atau tidaknya peserta tes CNPS 2014 mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29/2014 yakni tentang standar nilai tes TKD CPNS tahun 2014. Peraturan tersebut menunjukan nilai minimum Tes Karakteristik Pribadi adalah 126, Nilai minimum Tes Intelegensia Umum atau TIU adalah 75 sedangkan nilai minimum Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70.

Dilansir dari situs Republika, Pengumuman CPNS 2014 menunjukan nilai total Kahiyang adalah 300. Rincianya tes karakteristik pribadi 155, tes intelegensia 95 dan tes wawasan kebangsaan 50. Meski dalam tes karakteristik pribadi dan tes intelegensia nilai Kahiyang sudah melebihi nilai minimum, namun ia harus terganjal pada Nilai Wawasan Kebangsaaan yang lebih rendang dari nilai lainya serta belum masuk standar nilai yang sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri. Sebelumnya kahiyang merupakan lulusan dari Universitas Sebelas Maret Surakarata atau UNS jurusan teknologi pangan. Ia diwisuda pada bulan Desember 2012 lalu dengan IPK 3,12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *