Ramainya Peringatan Runtuhnya Tembok Berlin Di Jerman

Author : admin Category :news November 14, 2014

Runtuhnya Tembok Berlin – Minggu 9 November 2014 lalu, masyarakat Jerman bertumpah ruah di kawasan Berlin dalam rangka memperingati 25 tahun runtuhnya tembok Berlin. Konser dan pameran pun di gelar, balon putih di terbangkan sebagai penanda hilangnya tembok tersebut. Dalam acara tersebut turut hadir Kanselit Angela Merkel, pemimpin Uni Soviet terakhir Mikhail Gorbachev dan Polandia Lech Walesa seorang mantan pemimpin serikat buruh. Merkel kemudian memimpin sejumlah acara termasuk meletakan bunga mawar di sisa reruntuhan tembok berlin dalam rangka mengenang orang-orang yang meninggal waktu itu.

peringatan runtuhnya tembok berlin

meriahnya peringatan runtuhnya tembok berlin

Runtuhnya Tembok Berlin menunjukan bahwa sebuah mimpi bisa menjadi kenyataan. Tembok Berlin adalah simbol pelanggaran negara yang membuat jutaan orang tidak lagi mentolerirnya. Begitulah pidato Angela Merkel di lokasi utama peringatan tersebut. Merkel juga menambahkan jatuhnya tembok berlin memperlihatkan persamaan negara-negara yang sedang bergejolak saat ini seperti irak, suriah dan Ukraina. Peringatan yang berlokasi di Ibukota Jerman tersebut dimulai dengan tiupan terompet bak tiupan sangkakala. Sejumlah pemimpin turut hadir dalam acara peringatan itu.

angela marker meletakan bunga mawar di reruntuhan tembok berlin

angela merkel meletakan bunga mawar di reruntuhan tembok berlin

Sejarah Runtuhnya Tembok Berlin

Tembok Berlin merupakan tembok pembatas yang dibuat dari beton dan dibangun oleh Jerman Timur untuk memisahkan antara Jerman Timur dan Jerman Barat. Tembok ini dibangun pada tanggal 13 agustus 1961. Di sepanjang tembok berlin juga dibangun menara penjaga dan sebuah daerah terlarang yang didalamnya berisi ranjau anti kendaraan.

tembok berlin

tembok berlin

Alasan utama didirakanya tembok berlin adalah untuk melindungi warga Jerman Timur dari elemen fasis yang bisa memicu gerakan besar, sehingga mereka (Pemerintahan Jerman Timur) bisa mementuh sebuah pemerintahan komunis di Jerman Timur. Kendati demikian, dalam kenyataanya tembok berlin digunakan untuk menjaga warga Jerman Timur agar tidak melarikan diri ke Jerman Barat.

Sebelum tembok ini dibangun, jutaan warga Jerman Timur pindah dan kemudian membelot ke Jerman Barat melintasi perbatasan. Dalam rentang waktu 30 tahun setelah tembok tersebut dibangun setidaknya ada lima ribu orang Jerman Timur yang coba kabur, 200 orang diantaranya meninggal karena ditembak mati.

Pada September 1989, protes demokrasi akhirnya pecah di Jerman Timur. Para demonstran tersebut ingin pergi ke Jerman Barat dengan meneriakan “Wir Wollen Raus” yang berarti “kami mau pergi”. Di bulan November demonstrasi semakin besar dan puncaknya terjadi pada tanggal 4 November saat sekitar setengah juta orang berkumpul di Alexanderplatz. Pada saat itu orang-orang yang meninggalkan Jerman Timur menuju Jerman Barat pun semakin meningkat setelah menemukan jalan baru yakni melalui Hungaria.

demonstan jerman timur berkumpul di tembok berlin

demonstan jerman timur berkumpul di tembok berlin

Runtuhnya Tembok Berlin dimulai pada tangal 9 november 1989. Saat itu banyak orang membawa palu dan alat sejenisnya dan kemudian mulai menghancurkan beberapa bagian tembok. Mereka membuat beberapa lubang di tembok perbatasan. Orang-orang ini kemudian disebut “Mauerspechte” atau pelatuk tembok. Menyikapi hal ini, Rezim Jerman Timur akhirnya mengumumkan akan membuka 10 pintu di beberapa titik. Mulai tanggal 23 Desember 1989 penduduk Jerman Barat boleh masuk ke Jerman Timur dan sebaliknya tanpa menggunakan Visa.

Dan Akhirnya pada tanggal 13 Januari 1990, tembok berlin secara resmi dihancurkan oleh militer jerman Timur yang dimulai di Bernauer Strabe. Penghancuran tembok ini selesai pada bulan November 1991. Beberapa bagian tembok dipertahankan untuk dijadikan sebagai tempat memorial. Runtuhnya Tembok Berlin ini menjadi awal Reunifikasi Jerman yang ditandatangi pada 3 oktober 1990.

Demikianlah tadi sejarah singkat Runtuhnya Tembok Berlin. Tembok Berlin sendiri awalnya memiliki panjang 155 Km, tapi saat ini hanya tersisa sekitar 3 Km saja yang masih berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *