Serangan Amerika Serikat Hancurkan Rombongan ISIS

Author : admin Category :news August 9, 2014

Pasukan Militer Amerika Serikat kembali memborbardir Islamic State in Iraq and Syria (Negara Islam Irak dan Syria) atau yang dikenal dengan ISIS melalui serangan udara. Serangan udara militer Amerika Serikat tersebut dijatuhkan di irak bagian utara yang merupakan basis ISIS. Setidaknya ada 7 mobil rombongan ISIS yang dihancurkan menggunakan pesawat F/A-16. Serangan tersebut dilancarkan militer AS pada jumat tanggal 8 agustus 2014 sekitar pukul 14.00 GMT.

070406-N-5345W-215

Berdasarkan penuturan juru bicara Pentagon yakni Laksamana Muda John Kirby, pihaknya melakukan penyerangan terhadap ISIS di dekat Arbil dengan dua serangan udara. “Kami ingin membela kota dimana didalamnya terdapat beberapa personel AS yang sedang membantu pemerintahan irak,” dalihnya. Namun hingga saat ini belum ada informasi mengenai jumlah korban ISIS dari serangan tersebut.

Sebelumnya AS juga telah melakukan serangan udara dengan menjatuhkan bom seberat 250 gram menggunakan pesawat tempur jenis F/A-18. Serangan tersebut meluluh lantahkan dua mobil artileri milik ISIS yang berada di kota Arbil. Kirby juga menjelaskan bahwa serangan ini dikarenakan adanya penembakan oleh pejuang ISIS terhadap pasukan Kurdi yang memperjuangkan kota Arbil.

ISIS atau Negara Islam Irak dan Syria juga memburu kaum minoritas Yazidi sehingga mereka (kaum Yazidi) mengungsi di pegunungan. Oleh sebab itu sebelum melakukan serangan udara, militer AS juga menjatuhkan 8.000 paket makanan dan ribuan galon air untuk etnis Yazidi yang mengungsi tersebut. Hal ini dikarenakan etnis Yazidi yang bersembunyi di pegunungan tidak membawa bekal yang memadai.

Keberadaan kelompok radikal ISIS juga dikhawatirkan akan berkembang di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Sutarman, menurutnya indonesia cukup rawan terpengaruh oleh Negara Islam Irak dan Syria (ISIS). Ini dikarenanakan di Indonesia ini ada kelompok-kelompok yang selama ini kerap melakukan gerakan radikal. Dikhawatirkan kelompok-kelompok tersebut akan mudah dipengaruhi. Oleh sebab itu pihaknya akan melakukan tindakan preventif dan beliau juga menghimbau agar masyrakat meningkatkan kewaspadaan. Pemerintah juga secara mentah-mentah menolak keberadaan ISIS di Indonesia. Pemerintah menilai, ideologi ISIS tidak sesuai dengan Kebinekaan Indonesia, Negara Kesatuan RI dan ideologi Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *