Streaming Video Gerhana Matahari Total 2016 Via BMKG

Author : admin Category :news March 5, 2016

Streaming Video Gerhana Matahari Total – Pada bulan maret 2016 ini nampaknya Indonesia bakal ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Bukan mau ke Bali atau Raja Ampat melainkan ingin menonton Gerhana Matahari total. Beberapa wilayah Indonesia yang akan dilalui oleh gerhana matahari tersebut diantaranya Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi tengah, sulawesi barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, bangka belitung, dan jambi. Bahkan sudah jauh jauh hari para wisatawan sudah booking beberapa hotel di wilayah wilayah tersebut.

ilustrasi gerhana matahari total

ilustrasi gerhana matahari total

Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 9 mater 2016 mendatang memang cukup spesial. Pasalnya kejadian unik ini hanya terjadi di Indonesia saja. Tak hanya wisatawan asing, masyarakat Indonesia tentunya juga penasaran dengan fenomena langka itu. Sayangnya tak semua masyarakat bisa melihatnya secara langsung karena hanya wilayah wilayah tertentu saja. Bagi kamu yang penasaran, bisa melakukan streaming video gerhana matahari total melalui situs BMKG.

BMKG mengatakan akan merekam peristiwa gerhana matahari ini untuk mengetahui perubahan variasi medan magnet bumi yang ditimbulkan fenomena alam. BMKG akan melakukan pengamatan disejumlah titik yang berbeda. Di bengkulu, Tanjung pandan, ternate dan palu akan dilakukan pengamatan terhadap gerhana matahari. Sementara di manado, kupang, jayapuram Pelabuhan ratu, tangerang, Gunung Sitoli, Liwa, dan Tuntungan akan dilakukan pengamatan medan magnet bumi. BMKG juga akan fokus mengamati gravitasi di Palu.

Disampaikan oleh Thomas Djamaludin selaku Kepala lapan, ada perbedaan waktu gerhana matahari di Indonesia bagian Timur dan Indonesia bagian barat. Di bagian timur Indonesia, gerhana matahari akan terjadi sekitar 3 menit yakni pada jam 09.00 waktu setempat. Sementara di Indonesia bagian barat akan berlangsung 2 menit yakni pukul 07.30 waktu setempat.

BMKG juga mengatakan bagi masyarakat yang ingin menonton fenomena alam ini namun tak berada di wilayah lintasan tak perlu khawatir. Pasalnya BMKG akan menyediakan streaming video gerhana matahari total melalui situs bmkg.go.id. Hal itu disampaikan langsung oleh Andi Eka Sakya sebagaimana yang disampaikanya kepada Tempo beberapa waktu lalu. So, kamu cukup siapkan laptop atau gadgemu serta koneksi internet yang memadai pada 9 Maret mendatang untuk menonton fenomena langka ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *