Ini Efek Memakai Pertamax Pada Sepeda Motor

Author : admin Category :otomotif November 30, 2014

Ini Efek Memakai Pertamax Pada Sepeda Motor – Kenaikan harga BBM bersubsidi saat ini sedikit banyak merubah pola konsumsi masyarakat. Apalagi pada bulan Desember nanti harga Pertamax akan turun menjadi dibawah Rp 10 ribu. Hal tersebut tentu saja akan membuat banyak pemilik sepeda motor beralih menggunakan Pertamax. Pasalnya dengan selisih harga yang sedikit, pengendara sudah bisa mendapatkan bahan bakar dengan kualitas yang lebih bagus. Kendati demikian banyak juga masyarakat yang masih berpendapat kalau memakai pertamax justru akan merusak mesin. Lantas siapa yang benar? Untuk itu coba simak ulasan lengkapnya berikut ini

Ini Efek Memakai Pertamax Pada Sepeda Motor

Premium Vs Pertamax Mana Yang Lebih Bagus Untuk Motor?

Sebelum membahas efek memakai pertamax pada sepeda motor, kita bahas terlebih dahulu apa perbedaan premium dan pertamax. Secara gatis besar, perbedaan premium dan pertamax adalah pada nilai oktan dan kandungan zat aditif didalamnya. Nilai oktan sendiri adalah ketahanan bahan bakar terhadap kompresi mesin. Artinya semakin tinggi nilai oktan maka akan semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Pertamax memiliki RON (research oktan number) 92 sedangkan premium hanya memiliki RON 88. Jadi sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi (bisa dilihat di spesifikasi kendaraan) dianjurkan untuk menggunakan pertamax. Apabila tetap dipaksakan untuk menggunakan premium, maka efeknya bisa merusak mesin. Mesin dengan kompresi tinggi jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah maka bahan bakar tersebut akan meledak sebelum busi memercikan bunga api, akibat tidak tahan terhadap tekanan kompresi. Nah karena terdapat sumber ledakan lebih dari satu maka bisa menyebabkan knocking yang akan merusak komponen komponen mesin.

Selain nilai oktan, perbedaan premium dan pertamax adalah zat aditif yang berfungsi sebagai pembersih. Pada bahan bakar pertamax, tedapat zat aditif yang bersifat detergency sehingga bisa menjaga kebersihan komponen-komponen mesin seperti injector, inlet valve dan ruang bakar. Sementara pada premium zat tersebut tidak ditemukan. Setelah keluar dari kilang yang berbentuk nafta kemudian langsung diolah menjadi premium tanpa ditambah zat apa-apa. Jadi pada motor injeksi bisa saja terjadi penyumbatan jika ada kotoran didalam bahan bakar.

Apa efek mengoplos Premium dan Pertamax Untuk Sepeda Motor?

Para pemilik kendaraan terutama sepeda motor sering kali mengoplos antara premium dan pertamax. Lantas apa sebenarnya efeknya terhadap mesin? Jika hanya mengejar nilai oktan maka bersifat linier. Dengan pancampuran 50:50 maka akan didapatkan nilai oktan 90 (premium 88 dan pertamax 92). Namun seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahan bakar premium tidak dilengkapi zat aditif yang berfungsi sebagai pembersih. Setelah di oplos, maka zat aditif tidak bekerja secara sempurna karena komposisinya telah berubah. Jadi, untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi, maka mengoplos dengan bahan bakar dengan nilai oktan diatasnya bisa dilakukan dan tidak merusak mesin. Akan tetapi benefit yang dimiliki Pertamax yakni berupa zat pembersih tidak didapatkan.

Kesimpulanya efek memakai pertamax pada sepeda motor dengan kompresi tinggi akan menghasilkan tenaga yang optimal, mesin awet, dan kebersihan didalam mesin lebih terjaga. Mengoplos premium dan pertamax sah-sah saja dilakukan untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi, hanya saja zat aditif yang ada di bahan bakar pertamax tidak bekerja secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *