Ini Perbedaan Pertalite, Premium dan Pertamax Yang Wajib Kamu Tahu

Author : admin Category :otomotif September 14, 2016

Perbedaan Pertalite, Premium dan Pertamax – Saat ini kita dihadirkan dengan pilihan bahan bakar yang beragam. Sebelum pertalite hadir, pertamina sudah memasarkan beberapa jenis BBM. Premium ditujukan untuk pengendara yang membutuhkan harga murah walaupun kurang ramah untuk mesin. Sementara Pertamax ataupun Pertamax Plus diperuntukan kelas menengah ke atas.

ini-perbedaan-pertalite-premium-dan-pertamax-yang-wajib-kamu-tahu

Pertalite sejatinya hadir untuk menggantikan premium yang tidak memiliki zat aditif. Meskipun belum sebagus Pertamax, namun pertalite bisa didapatkan dengan harga terjangkau. BBM yang digunakan harusnya memiliki syarat durable dalam artian tidak menimbulkan ganggguan dalam jangka waktu tertentu. Premium sebenarnya sudah memenuhi syarat tersebut. Grade selanjutnya adalah irit, dan pertalite lebih unggul. Selain itu pertalite lebih bersih sehingga injektor tidak cepat logging dan ruang bakar tetap bersih. Dan berikut perbedaan ketiga bahan bakar tersebut secara lebih lengkapnya

Perbedaan Pertalite, Premium dan Pertamax

1. Nilai Oktan
RON atau research octane number atau nilai oktan adalah angka yang menunjukan ketahanan bahan bakar terhadap kompresi mesin. Semakin tinggi RON maka bahan bakar semakin kuat terhadap tekanan kompresi. Pada BBM beroktan tinggi, kotoran sisa sisa pembakaran juga bisa diminimalkan. Setiap jenis bahan bakar tentu memiliki nilai oktan berbeda beda. Premium dengan harga paling murah memiliki RON 88, Pertamax 92 sedankan pertamax Plus 95. Pertalite yang hadir menjadi penengah kedua jenis BBM tersebut memiliki nilai oktan 90.

2. Warna Cairan
Dari segi warna, ketiganya juga memiliki perbedaan. Premium memiliki warna kuning cerah yang didapatkan dari pewarna tambahan, pertamax berwarna biru kehijauan, sedangkan pertamax plus berwarna merah. Sementara Pertalite berwarna hijau hasil campuran pertamax dan premium.

3. Harga
Untuk saat ini harga premium adalah Rp 6.500,- harga pertalite Rp 6.900,- harga pertamax adalah Rp 7.350,- . Kehadiran pertalite memang diharapkan dapat memberikan bahan bakar yang berkualitas namun tetap dibanderol dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa Perbedaan Pertalite, Premium dan Pertamax. Semoga info kali ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Dari pada mesin kendaraan yang jadi korban, bukankah lebih baik memilih bahan bakar yang berkualitas meski harganya lebih mahal sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *