5 Cara Merawat Aki Kering Motor Biar Awet

Author : admin Category :motor September 5, 2016

Cara Merawat Aki Kering Motor Biar Awet – Pengggunaan maintenance free battery atau yang lebih akrab disebut aki kering makin meluas. Hal ini lantaran memiliki sejumlah kelebihan dibanding aki basah terutama soal perawatan. Meski tak seribet aki basah, aki kering tetap saja perlu dilakukan perawatan rutin supaya tahan lama atau awet. Hal yang paling mudah adalah, jangan membiarkan motor mati selama berhari hari bahkan berminggu minggu. Jika motor sering digunakan maka arus pengisian ke baterai juga berlangsung stabil.

5 Cara Merawat Aki Kering Motor Biar Awet

Berbeda dengan aki basah yang menggunakan cairan elektrolit yang bisa menguap, aki kering menggunakan semacam gel yang sulit menguap. Bahkan ketika menguapun akan kembali lagi, sehingga aki kering tidak perlu isi ulang elektrolit seperti pada aki basah. Tak heran jika sepeda motor saat ini mulai banyak yang menggunakan aki kering. Nah supaya aki kering motor awet, berikut ini perawatan perawatan yang perlu kamu lakukan.

Cara Merawat Aki Kering Motor Biar Awet

1. Jangan berlebihan menggunakan electric starter
Penggunaan electric starter baiknya jangan lebih dari 5 detik. Jika ditekan selama 5 detik motor belum nyala, beri jeda 5 detik dan pencet lagi. Jika tak kunjung jangan dipaksanakan, gunakanlah kick starter saja. Hal ini lantaran electric starter menyerap listrik cukup besar, jika dipaksakan aki bisa saja tekor dan bahkan mengurangi masa pakai aki.

2. Periksa Kabel Terminal
Sesekali lakukan pemeriksaan pada kabel terminal. Pastikan kabel terminal terhindar dari kotoran dan baut penahanya kencang.

3. Hindari aksesoris tambahan
Penggunaan aksesoris seperti klakson yang besar ataupun lampu HID bisa mempendek umur aki. Ini lantaran arus listrik yang diserap semakin besar sementara pengisian tetap saja. Jika ingin menambahkan aksesoris, sesuaikan juga arus pengisianya.

4. Sesekali berkendaralah diatas 60 km/jam
Ini bukan mengajak kamu untuk kebut kebutan, tapi bertujuan agar arus pengisian yang mengalir ke baterai dalam kondisi full.

5. Hindari jalan rusak
Goncangan yang berlebihan akibat sering melewati jalan bergelombang turut andil merusak aki. Jadi jika terpaksa melewati jalan yang rusak, berjalanlah dengan hati hati agar tidak timbul goncangan berlebihan.

Itulah kelima Cara Merawat Aki Kering Motor Biar Awet. Merawat aki kering memang terbilang mudah, tapi jangan menyepelekanya. Jika dirawat dengan benar aki kering bisa bertahan hingga bertahun tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *