Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

Author : admin Category :motor September 25, 2016

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang – Sebelum dipasarkan sebenarnya sepeda motor sudah melalui pengujian termasuk soal sistem penerangan. Pengujian tersebut dimaksudkan supaya spesifikasi kendaraan memenuhi standar. Kendati demikian, seringkali para pemilik kendaraan belum puas dan ingin membuat lampu sepeda motor lebih terang. Masalah lainya, seiring dengan pemakaian lampu sepeda motor menjadi redup. Hal ini bisa saja disebabkan oleh hambatan yang ada pada rangkaian sehingga lampu menjadi redup. Jika ini yang terjadi, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan dua buah relay. Bagaimana caranya? simak ulasan tim siputnews.com berikut ini

cara-membuat-lampu-motor-lebih-terang

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat lampu motor lebih terang menggunkan dua buah relay, ada baiknya kita ketahui dulu cara kerja dari relay tersebut. Relay disini bukanlah relay sein atau yang sering disebut flasher melainkan relay yang bisa berfungsi sebagai elektro magnet switch. Relay ini biasanya memiliki 4 buah terminal yang diberi nomor85,86, 30 dan 87. Rangkaian di dalam relay tersebut berupa elektro magnet (magnet elektrik) dan contact point atau bisa disebut sebagai saklar. Nah terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point sementara terminal 85 dan 86 terhubung dengan elektro magnet. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

cara-kerja-relay

Ketika arus listrik mengalir ke rangkaian elektromagnet (terminal 85 dan 86) maka akan timbul kemagnetan. Nah kemagnetan inilah yang kemudian akan menarik contact point sehingga terminal 87 dan 30 dapat terhubung. Jadi cara kerja dari relay ini seperti saklar hanya saja untuk menghubungkanya menggunakan arus listrik. Pertanyaanya kenapa bisa membuat lampu motor lebih terang? Pada prinsipnya relay tersebut digunakan untuk menjumper arus listrik dari sumber (baterai/akki) langsung menuju lampu. Jadi arus listrik yang digunakan untuk menyalakan lampu tidak melewati rangkaian, hanya melewati relay tersebut. Dengan demikian hambatan pada rangkaian bisa berkurang, sehingga nyala lampu menjadi lebih terang. Oke langsung saja, kita buat rangkaianya

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

  1. Siapkan 2 relay normaly open
  2. Cari saklar dekat jauh. Identifikasi kabel dari saklar tersebut yang menuju lampu  untuk melihat mana kabel jarak jauh dan mana kabel jarak dekat.
  3. Potong kabel jarak dekat dan hubungkan dengan terminal 85 pada relay.
  4. Hubungkan terminal 86 relay ke negatif/ ground
  5. Hubungkan terminal 30 ke sumber (baterai/aki)
  6. Hubungkan terminal 87 ke terminal lampu jarak dekat.
  7. Lakukan langkah diatas dengan relay satunya pada lampu jarak jauh.

cara-membuat-lampu-motor-lebih-terang-dengan-relay

Sudah jelas dengan trik Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan relay diatas? Jika masih bingung bisa dicantumkan pada kolom komentar dibawah ini. Pada intinya relay tersebut digunakan untuk menjamper arus utama dari aki menuju lampu. Rangkaian lampu kepala hanya digunakan untuk mengaktifkan elektromagnet pada relay saja. Dengan demikian hambatan lampu kepala bisa berkurang dan membuat lampu nyala lebih terang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *