Perbandingan Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu, Mana Yang Lebih Unggul?

Author : admin Category :motor March 18, 2015

Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu – Produsen otomotif berlogo garpu tala Yamaha baru saja meluncurkan motor andalan terbarunya di kelas bebek jantan. Adalah Yamaha MX King 150 yang merupakan versi upgrade dari Yamaha MX 135. Perbuahan yang paling mencolok tentu pada sektor mesin, kapasitas mesin yang semula 135 cc di upgrade menjadi 150 cc. Kehadiran Yamaha MX King ini diprediksi akan menggoyahkan posisi Suzuki Satria Fu di kelas bebek jantan. Selama ini Satria Fu 150 hampir bermain sendirian di kelas ini karena sangat dominan di pasar. Lalu seperti apa jika kedua motor berkapasitas 150 cc ini disandingkan? Berikut ini perbandingan Yamaha Mx King dan Satria Fu.

Yamaha MX King 150

Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu

Dapur Pacu
Di mulai dari dapur pacu, meski keduanya mengusung kapasitas mesin yang sama yakni 150 cc, namun kontruksinya berbeda. MX King 150 menggunakan mesin SOHC (Single Over Head Camsaft) dengan 4 klep seperti mesin milik new-Vixion. Teknologi DiASil Cylinder yang merupakan perpaduan antara alumunium dan silicon di tanamkan pada blok silindernya dan mengandalkan piston tipe forged yakni proses pembuatanya dengan cara ditempa atau forging. Diameter pistonya adalah 57 mm dengan panjang langkah 58,7 mm yang menghasilkan tenaga 15,5 dk pada putaran 8.500 rpm serta torsi 13,8 Nm pada 7000 rpm. Sistem pendinginannya menggunakan air lengkap dengan radiatornya.

Sementara lawanya Satria FU menggunakan blok silinder berbahan alumunium dengan teknologi SCEM atau Suzuki Composite Electrochemical Material. Jika Yamaha MX king memiliki karakter long stroke atau panjang langkah piston lebih besar ketimbang diameter pistonya, lain halnya dengan Satria FU. Motor andalah Suzuki ini memiliki karakter over bore karena memiliki diameter piston 62 mm sedangkan panjang langkahnya adalah 48,8 mm. Perbedaan tersebut tentu berimbas pada putaran mesin, MX King lebih galak diputaran bawah sebaliknya satria FU lebih galak diputaran atas. Untuk powernya, Satria FU menghasilkan tenaga maksimum 16 dk pada putaran 9.500 dan torsi 12,4 Nm pada putaran 8.500. Jika MX King sudah mengandalkan pemasokan bahan bakar dengan sistem injeksi, Satria FU masih mempertahankan sistem karburator.

Perbandingan Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu

Chasis
Perbandingan Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu tidak jauh berbeda di sektor ini. Keduanya menggunakan rangka tipe tubular dengan kaki belakang tipe monoshok. Akan tetapi untuk kaki bagian depan, Satria Fu lebih unggul dengan shock tipe teleskopin panjang, sedangkan Yamaha MX King 150 masih menggunakan sok pendek seperti motor bebek pada umumnya. Sistem pemindah tenaga keduanya juga berbeda. Jika Satria FU memiliki transmisi 6 percepatan, MX King 150 menggunakan transmisi 5 percepatan.

Fitur
Kelebihan Yamaha MX King 150 adalah pada fitur-fitur yang dimilinya terutama pada panel indikator. Selain menampilkan tulisan “Hi Buddy” yang bisa diganti sesuka hati, juga menampilkan 6 informasi lainya yakni fuel eco consumtion, average speed, average eco, tripmeter 1, tripmeter 2, dan odometer. Perlu anda ketahui Fuel Eco Consumption ini berfungsi untuk menampilkan informasi seberapa ekonomis habit atau gaya anda dalam berkendara. Pada Satria Fu, fitur ini juga ada akan tetapi hanya berupa lampu indikator saja. Sementara pada MX King informasi tersebut ditampilkan secara digital.

Harga
Harga kedua motor ini memang sangat bersaing. Harga Yamaha MX King adalah Rp 18,95 juta on the road Jakarta, sedangkan harga Suzuki Satria FU adalah Rp 19,82 juta OTR Jakarta.

Kesimpulan
Kedua motor bebek jantan 150 cc ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Misalnya untuk mesin, satria FU lebih unggul di putaran atas sedangkan MX King unggul di putaran bawah. Namun jika dilihat spesifikasi secara keseluruhan Yamaha Mx King Vs Suzuki Satria Fu , Yamaha MX King 150 memang lebih unggul seperti sistem bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi, fitur lebih lengkap dan harga sedikit lebih murah. Namun semua kami kembalikan pada kebutuhan serta selera masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *