Tips Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula Agar Aman Dan Tidak Rusak

Author : admin Category :motor September 29, 2016

Tips Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula – Motor matic bisa menjadi pilihan masyarakat saat ini terutama pada ibu ibu dan cewek. Alasanya karena penggunaanya yang cenderung mudah tingal putar gas saja tanpa perlu ganti gigi transmisi ataupun tarik tuas kopling layaknya motor sport. Kendati demikian, bagi para pemula yang sebelumnya belum pernah mengendarai sepeda motor masih saja takut untuk mencobanya. Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips untuk anda.

tips-cara-mengendarai-motor-matic-bagi-pemula-agar-aman-dan-tidak-rusak

Sepeda motor matic didesain ramping dan stylish. Perangkat suspensi pun dikorbankan menjadi lebih minimalis. Untuk itu pada motor matic jangan sampai kelebihan beban. Motor jenis ini memang difokuskan di jalan jalan perkotaan yang cenderung halus. Jadi sebaiknya hindarilah jalanan yang rusak atau berlubang. Pada dasarnya hal utama yang diperlukan dalam mengendarai motor matic adalah keseimbangan. Jika kamu sebelumnya sudah mengendarai sepeda, ini akan membuat lebih mudah. Selanjutnya kamu harus tahu bagian bagian dari motor tersebut. Berikut ini beberapa tips cara mengendarai motor matic yang perlu kamu ketahui.

1. Ketahui fungsi, letak, dan cara menggunakan setiap bagian
Ketahui dulu letak letak bagian motor seperti rem depan, rem belakang, tombol starter, dan lain sebagainya. FYI, pada motor matic ini juga memiliki tuas di bagian kiri stang kemudi. Namun tuas tersebut bukanlah tuas kopling seperti pada motor sport melainkan tuas rem belakang. Jadi baik rem depan maupun belakang semuanya dioperasikan menggunakan tangan (kanan dan kiri). Selanjutnya pada motor matic juga dilengkapi “cut off” pada standar samping. Artinya ketika standar samping ditarik maka motor akan mati. Untuk itu sebelum menstarter motor maticmu, pastikan standar samping sudah diangkat ke atas lagi.

2. Menghidupkan Motor
Jika sudah mengetahui letak dan fungsi setiap bagian, silahkan mulai menghidupkan motor. Tata caranya adalah sebagai berikut

  • Pastikan standar samping sudah ditarik keatas
  • Putar kunci kontak pada posisi on yang ditandai dengan lampu hijau pada dashboard
  • Tekanlah tuas rem belakang sambil menekan tombol starter. Motor sudah menyala.

3. Mulai menjalankan motor
Selanjutnya cara mengendarai motor matic yang perlu kamu lakukan adalah tetap rileks tidak perlu panik ataupub spaneng. Mulailah putar handle gas secara perlahan dan motor akan berjalan. Berkendaralah dengan konsentrasi dan tetap menjaga keseimbangan.

Demikianlah Tips Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula, mudah bukan? Nah ketika akan berhenti jangan menarik tuas rem secara mendadak karena kamu akan kehilangan keseimbangan dan bisa jatuh. tariklah secara perlahan kedua tuas rem dan motor akan berhenti dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *