8 Arti Tangisan Bayi 5 Bulan Dan Cara Penangananya

Author : admin Category :parenting May 31, 2016

Arti Tangisan Bayi – Pada umumnya bayi akan menangis selama 3 jam per hari. Menangis adalah cara bayi meminta perhatian dari orang orang disekitarnya. Seiring bertambahnya usia, tangisan bayi akan mulai berkurang karena sudah mulai mempelajari senyum, eye contact, dan juga bersuara. Jika bayi berusia 5 bulan tentu setiap mengungkapkan perasaanya hanya bisa melalui tangisan. Sebagai orang tua kita harus tahu maksud dari tangisan tersebut. Setiap tangisan bayi ini memiliki arti sendiri sendiri lho, apa saja itu? berikut diantaranya

8 Arti Tangisan Bayi 5 Bulan Dan Cara Penangananya

Arti Tangisan Bayi Dan Cara Penangananya

1. Lapar
Bayi yang masih kecil memiliki perut yang kecil sehinga tak bisa mencerna banyak ASI. Oleh karenanya ia sering merasa lapar karena tidak bisa mengkonsumsi ASI banyak. Ketika lapar umumnya bayi menangis dengan nada keras dan berlangsung cukup lama. Tangisan tersebut bernada panjang dan akan terputus putus ketika mengambil nafas.

2. Tangisan Lelah
Ketika bayi lelah, tangisan yang terdengar seperti merengek rengek dengan raungan yang melengking. Terkadang bayimu juga akan menggigil atau sedikit bergetar. Cara menanganinya kamu bisa menggendongnya dan beri sedikit ayunan agar cepat tidur.

3. Tangisan Bersendawa
Ketika ingin bersendawa biasanya akan menangis dengan nada “eh” yang panjang. Itu dikarenakan gelembung udara tersangkut di dada dan si bayi berusaha mengeluarkanya. Gendonglah bayimu lalu tepuk tepuk pada bagian punggungnya agar udara mudah keluar.

4. Tangisan Tidak Nyaman
Ketika dalam keadaan tidak nyaman seperti gerah, gatal, atau popoknya basah bayi akan menangis dengan suara “heh” yang melengking. Ini berarti kamu harus segera mengecek kondisi bayimu seperti keadaan popoknya atau lainya.

5. Ingin Buang Gas
Ketika tak bisa mengeluarkan udara dengan bersendawa, maka akan keluar melalui sistem digestif anak. Hal ini bisa ditandai dengan kedua kaki yang diangkat ketika sedang menangis.

6. Tumbuh Gigi
Pada usia 4 bulan keatas, gigi akan mulai tumbuh. Nah keadaan ini sering kali membuat si bayi merasa kesakitan dan kemudian menangis. Kamu bisa memberi teether untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

7. Sakit Perut
Arti Tangisan Bayi ketika habis menyusui atau makan biasanya mengalami colic atau kram perut. Ini umum terjadi pada bayi usia 1 hingga 4 bulan. Seorang bayi yang tidak diber ASi akan beresiko terkena colic 2 kali lebih tinggi ketimbang yang diberi ASI secara Eksklusif. Jika ini terjadi, barinkan bayi lal angkat kakinya dengan gerakan memutar kearah perut. Lakukan secara perlahan lalu katakan nada nada yang menenangkan.

8. Kondisi Lingkungan
Setiap anak memiliki karakteristik yang tidak sama. Misalnya beberapa bayi nyaman dengan suasana tenang dan beberapa lainya menyukai cahaya yang terang dengan suasana ramai. Orang tua harus belajar memahami hal tersebut.

Itulah beberapa arti tangisan bayi yang perlu kamu pahami beserta cara penangananya. Memang dunstan baby language diatas belum pernah diteliti secara akademis. Akan tetapi banyak orang tua yang sudah menerapakanya dan hasilnya efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *