Tips Cara Mengatasi Anak Nakal Yang Suka Bertengkar

Author : admin Category :parenting December 24, 2015

Cara mengatasi anak nakal – Bila kamu memiliki 2 atau 3 anak pastinya sebuah pertengkaran kecil di antara ke tiganya tidak dapat dielakkan bukan? Ada saja hal memicu pertengkaran seperti rebutan mainan, rebutan nonton acara tv. Kondisi seperti itu jelas membuat orang tua menjadi marah karena suara keributan seperti itu membuat suasana rumah tidak menjadi nyaman.

Cara Mengatasi Anak Nakal Yang Suka Bertengkar

Cara Mengatasi Anak Nakal Yang Suka Bertengkar

Mungkin keributan yang mereka timbulkan tersebut merupayakan upaya anak untuk menarik perhatian orang tua mereka yang sibuk. Sehingga mereka akan merasa diperhatikan jika sedang berarti dan mereka akan melakukan hal tersebut berulang – ulang hanya untuk memperoleh perhatian. Jangan marah hingga seperti gunung meletus ya … Karena kamu sebagai orang tua bisa mengatasi masalah tersebut dengan sejumlah cara berikut.

Beberapa cara atasi pertengkaran anak 

  1. Selesaikan dengan kepala dingin
    Pertahankan senyum dan sabar di dalam hati mu ya para orang tua ketika menemui situasi seperti itu. Karena bila orang tua ikut emosi, yang ada malah masalah tambah menjadi besar. Orang tua juga perlu tahu jika perilaku anak merupakan hadil didikan orang tua. Jika orang tuanya penyabar pasti anaknya jug sabar. Sedang bila orangtuanya suka marah – marah dengan nada tinggi pasti anak mereka akan seperti itu juga.
  1. Berikanlah kadar kasih sayang yang sama
    Jangan pernah sekalipun membanding – bandingkan antara si kakak dengan si adik. Bila orang tua menghargai mereka sebagai invidiu yang berbeda pasti anak merasa dihargai. Tetapi jika kakak atau adik salah, tetap harus ditegur dengan cara yang lembut.
  1. Alihkanlah perhatian anak
    Lihatlah dulu sampai seberapa keterlaluannya keributan yang mereka ciptakan. Jika semakin memanas maka sebagai orang tua kamu harus ikut campur dengan mengalihkan perhatian mereka. caranya kamu bisa menyuruh salah satu dari mereka untuk membantumu memasak atau mengambilkan sesuatu. Maka keributan akan dapat reda sendri.
  1. Ajarilah anak untuk dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
    Mintalah mereka untuk berani berkata jujur atas keributan yang terjadi, seperti apa penyebabnya, siapa yang harus bertanggung jawab serta berani untuk mengakui kesalahan. Kemudian pihak yang bersalah harus berani pula untuk menjulurkan tangan tanda minta maaf.

Nah itulah sejumlah cara mengatasi anak nakal yang suka bertengkar sehingga keributan akan mereda dengan cara yang bijak. Sebagai orang tua, kamu juga dapat memberi pujian, pelukan hangat atau bahkan hadiah berupa barang kesukaannya bagi anakmu yang telah melakuakn hal positf. Dengan begitu mereka akan menyimpulkan sendiri jika mereka akan mendapat perhatian serta kasih sayang dari orang tua mereka jika mereka dapat mengontrol diri. Terlebih jika mereka dapat lebih bersabar sehingga tidak terjadi pertengkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *