Tips Cara Mengetahui Hobi Anak Sejak Dini

Author : admin Category :parenting November 23, 2015

Cara Mengetahui Hobi Anak – Pada dasarnya, mengembangkan potensi dan hobi seorang anak tidak bisa didasari atas keinginan dan obsesi orang tua saja, melainkan dengan mempelajari seperti apa bakat alami dari sang anak tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara menemukan hobi anak yang tepat agar ia bisa melahirkan prestasi yang membanggakan.Untuk bisa mengetahui bakat alami dari anak, Anda bisa melihat dari hobi dan juga kreatifitasnya dalam menjalani keseharian. Tapi sayangnya, hobi dan bakat alami sang anak ini sering tidak jalan berbarengan, sehingga sulit untuk mempelajarinya.

Tips Cara Mengetahui Hobi Anak Sejak Dini

Hobi adalah sebuah kegemaran yang cenderung dilakukan pada sebuah aktifitas rutin dan melahirkan rasa senang atau bahagia pada individu. Hobi ini bisa muncul bahkan hilang dengan sendirinya, semuanya tergantung pada kondisi dan situasi lingkungan.Sementara itu, bakat alami merupakan kemampuan yang sudah melekat di dalam diri individu dan termasuk sebagai bawaan lahir. Bakat ini sudah bisa terlihat sejak usia 3 tahun atau lebih, lalu akan berkembang secara pesat jika bakat tersebut memang dikembangkan. Nah, orang tua biasanya akan menganggap bahwa proses mengembangkan bakat bisa diukur pada hobi anak tersebut, sehingga bakat alaminya tidak bisa benar-benar ditemukan. Namun hal ini tidak berarti bahwa hobi tersebut harus ditinggalkan dan kemudian mencari bakat alaminya, karena terkadang hobi bisa mengalahkan bakat alami. Sekalipun hobi itu bukan bawaan lahir, namun jika dikelola secara baik maka bisa melahirkan sebuah prestasi yang menonjol.

Cara Menemukan Hobi Anak

Sebagai orang tua, biarkan anak Anda memilih dan menentukan hobinya sendiri berdasarkan lingkungan dan apa yang bisa membuatnya bahagia. Tugas Anda adalah memberikan dukungan dan dorongan pada sang anak agar mau mengembangkan hobi tersebut. Namun Anda harus bisa memilah mana hobi yang memiliki prospek dan tidak. Hal ini tentunya jika Anda adalah orang tua yang ingin hobi anaknya bisa menghasilkan sesuatu di masa depan. Untuk itu, perlu kiranya bagi para orang tua untuk lebih mengenal seperti apa jenis-jenis hobi yang menguntungkan tersebut:

  • Kolektor
    Ini merupakan sebuah hobi yang suka mengoleksi barang-barang tertentu, seperti buku, gantungan kunci, kotak makan, komik, tanda tangan, boneka, koin, sendok, dan lain sebagainya.
  • Pendidikan
    Banyak anak yang menunjukkan ketertarikannya pada bidang pendidikan sejak dini, misalnya dengan hobi pada bidang astronomi, kimia, matematika, dan bidang lainnya.
  • Kreatif
    Hobi yang bersifat mengasah kreatifitas ini bisa berupa memasak, memainkan alat musik, melukis, desain, menjahit, mengukir, dan lain sebagainya.
  • Fisik
    Sebuah hobi yang lebih cenderung pada aktifitas fisik seperti olahraga, bersepada, atau hiking.
  • Permainan
    Hobi yang bersifat permainan seperti remi, catur, backgammon, scrabble, bridge, dan sejumlah bentuk permainan lainnya.

Kini saatnya bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana respon sang anak saat melakukan beberapa kegiatan di atas. Jika ada yang bisa membuatnya merasa begitu bahagia dan senang tak terkira, kemungkinan besar itulah hobinya. Terus dukung dan jangan larang ia melakukannya, sekalipun menurut Anda itu merupakan hal yang sia-sia.

Dengan mendukung hobi sang anak, ada sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh:

  • Melahirkan rasa senang dan bahagia.
  • Memajukan kreativitas.
  • Meningkatkan latihan fisik.
  • Bisa menjadi proses untuk menemukan bakat yang tepat.
  • Membantu untuk meningkatkan inisiatif dan ketekunan untuk mencapai sebuah tujuan.
  • Bisa meningkatkan karir di bidang tersebut.

Dengan mengetahui cara mengetahui hobi anak sejak dini secara tepat, maka Anda bisa mengarahkan dan membantunya pada hal-hal yang lebih positif. Hal ini sangat penting baginya dalam pengembangan potensi yang berpengaruh besar terhadap kehidupannya di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *