Tips Cara Meningkatkan Memori Jangka Panjang Anak

Author : admin Category :parenting November 28, 2015

Cara Meningkatkan Memori Jangka Panjang Anak – Salah satu tugas utama dari orang tua dalam mendidik dan mengasuh seorang anak adalah mencari metode yang tepat untuk mengingat sebuah pelajaran. Saat mereka bisa mengingat pelajaran yang sudah diberikan, maka kemampuan memorinya akan ikut terasah. Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingatnya, baik lewat pelajaran akademis, permainan, ataupun lewat praktek langsung. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan memori jangka panjang sang buah hati:

Tips Cara Meningkatkan Memori Jangka Panjang Anak

Cara Meningkatkan Memori Jangka Panjang Anak

Pengulangan dan Praktek

Metode pengajaran melalui praktek secara langsung adalah hal yang sangat direkomendasikan pada anak. Misalnya dengan mengenalkan sang anak pada sebuah benda secara langsung sambil menyebutkan namanya. Lakukan hal ini secara berulang agar memorinya bisa terlatih dalam mengingat secara audio dan visual.

Teknik Mnemonik

Mnemonik merupakan metode pengajaran yang menggunakan kata unik, akronim, atau sesuatu yang lucu dengan tujuan agar lebih memudahkan dalam mengingat atau menghapal sesuatu. Umumnya, teknik mnemonik digunakan untuk menghafal hal-hal yang panjang dan rumit. Meskipun hal ini lebih sering diajarkan pada anak di sekolah, namun bisa juga diterapkan pada anak di rumah. Misalnya untuk menghafal nama-nama warna pelangi yang banyak, digunakan istilah MeJiKuHiBiNiU sebagai singkatan yang akan memudahkan sang anak untuk mengingatnya. Selain itu, Anda bisa juga mencoba untuk mengajarkan metode penghafalan melalui sebuah lagu. Semuanya tergantung dari kemampuan Anda sebagai orang tua dalam berkreasi.

Komunikasi

Sejak usia dini, biasakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak. Anda bisa mencoba dengan menanyakan kegiatan yang sudah ia lakukan, sekalipun itu hanya hal kecil. Hal ini bertujuan agar ia terpancing dalam mengingat-ingat kembali hal-hal yang sudah dilakukan. Sebagai contoh, tanyakan dengan siapa ia bermain, apa yang ia mainkan, atau dimana ia menyimpan mainannya.

Metode Elektronik

Tips meningkatkan memori jangka panjang anak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan beberapa media elektronik, seperti audio visual. Metode seperti ini akan membuat sang anak lebih tertarik kepada hal-hal yang diajarkan. Sebagai contoh, melatih sang anak untuk menyanyikan sebuah lagu atau mengingat nada-nada musik akan membantu kemampuannya dalam menghafal.

Permainan

Permainan merupakan salah satu langkah terbaik dalam melatih kemampuan sang anak. Anda bisa bermain flash card yang akan mengasah kemampuannya dalam mengingat. Caranya dengan memperlihatkan beberapa kartu, lalu tanyakan nama-nama benda yang ada di dalam kartu tersebut. Selain itu, Anda bisa juga mengajaknya bermain puzzle. Untuk usia dini, sebaiknya berikan potongan puzzle yang tidak terlalu rumit. Berikan ia waktu untuk mengamati puzzle tersebut hingga berinisiatif melepasnya dari bingkai. Setelah itu, ajak untuk menyusunnya kembali ke bentuk semula.

Menyusun Kegiatan

Ajak anak Anda untuk menyusun jadwal bersama-sama. Jika ia terbiasa melakukan hal ini, maka kemampuan memorinya akan terlatih dan berkembang dengan sendirinya karena sudah terbiasa dalam mengingat susunan jadwal yang ia buat.

Menghafal

Berikanlah metode penghafalan pada anak yang bisa membuatnya merasa nyaman, apapun itu. Setelah ia bisa mengingat sesuatu dengan baik, maka berikanlah pujian sehingga ia bisa lebih bersemangat untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Di dalam meningkatkan memori anak, peran dari orang tua adalah bagian yang sangat penting. Jadi, jika Anda ingin memiliki anak yang lebih cerdas di masa yang akan datang, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips cara meningkatkan memori jangka panjang anak di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *