Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Author : admin Category :parenting August 12, 2015

Pada dasarnya, anak-anak dengan kebiasaan menggigit merupakan hal yang wajar dan tidak aneh lagi. Namun sebagai orang tua, kita tentu merasa perlu untuk mengajarkan kedisiplinan dengan beberapa Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku yang akan kami sampaikan berikut. Selain berdampak pada kesehatan sang anak sendiri, kebiasaan ini juga bisa merugikan teman-temannya yang lain. Secara umum, perilaku menggigit ini disebabkan oleh fase pertumbuhan giginya. Banyak diantara mereka yang setelah memasuki usia 1-3 tahun akan melewati fase pertumbuhan gigi yang kemudian membuatnya meninggalkan kebiasaan mengigit.

Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

ALASAN ANAK SERING MENGGIGIT?

Kebiasaan anak menggigit kuku atau lainya bisa dijelaskan oleh beberapa kondisi:

  • Untuk bayi yang senang menggigit, kebiasaan ini disebabkan karena ia mengalami pertumbuhan gigi. Tahap ini menimbulkan rasa sakit, sehingga sang bayi akan mengigit apa saja yang bisa ia jangkau agar rasa sakit tersebut bisa berkurang.
  • Anak-anak senang mencari reaksi dan bereksplorasi. Balita akan melakukan eksperimen untuk bisa melihat apa jenis reaksi yang muncul akibat perbuatan mereka. Ia menggigit saudara atau teman hanya untuk bisa mendengar seruan atau reaksi dari mereka.
  • Untuk anak yang lebih tua, kebiasaan menggigitnya lebih disebabkan karena merasa kurang diperhatikan oleh orang tuanya. Mereka akan melakukan kebiasaan ini saat diabaikan atau sedang mencari perhatian dari orang lain.
  • Perasaan jengkel, kesal, ataupun frustasi bisa juga menjadi alasan mengapa anak senang menggigit. Menggigit tidak berbeda dengan memukul, cara yang digunakan oleh beberapa anak untuk berkomunikasi dan menyampaikan perasaannya yang sedang marah.

Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Agar bisa mencegah kebiasaan buruk ini, maka langkah terbaik yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua adalah dengan mencegah sebelum hal ini menjadi kebiasaannya.

  • Saat bayi sudah memasuki masa pertumbuhan gigi, usahakan agar Anda selalu menyiapkan cincin gigi dingin ataupun kain lap. Hal ini akan membantu sang bayi agar selalu tenggelam ke lengan seseorang.
  • Sebaiknya hindari situasi-situasi yang bisa membuat sang anak jengkel atau marah. Pastikan agar kebutuhan sang anak seperti makan dan waktu tidur bisa terpenuhi dengan baik. Sebelum membawanya keluar bermain dengan teman-temannya, sebaiknya bawa cemilan untuk menenangkan jika ia sudah mulai rewel.
  • Berikan sang anak waktu yang cukup untuk bermain bersama Anda. Hal ini akan membantu untuk mencegahnya dari kebiasaan menggigit yang disebabkan karena mencari perhatian orang tua.
  • Berikan perhatian yang ekstra ketika sang anak mengalami perubahan besar di dalam hidupnya seperti saat menyambut kehadiran saudara baru.
  • Awasi anak saat bermain bersama temannya dan segera lerai jika terjadi pertengkaran diantara mereka sehingga tidak ada kesempatan baginya untuk menggigit.
  • Berikan penjelasan secara sederhana bahwa menggigit bisa membuat orang lain merasa tersakiti.

Jika Anda tidak bisa mengubah perilaku buruk sang anak seperti ini, maka besar kemungkinan akan berdampak terhadap pergaulannya. Saat perlikau menggigit ini sudah menjadi kebiasaan dan usianya sudah memasuki 4-5 tahun, maka lakukan konsultasi pada dokter anak. Anda bisa juga meminta bantuan dari psikolog atau melakukan terapi anak. Semoga Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit Kuku di atas bisa membantu Anda untuk lebih bijak dalam menyikapi perilaku anak seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *