Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Menggunakan Aplikasi

Author : admin Category :tekno August 23, 2014

Cara Mengatasi Android Lemot – Sistem operasi android saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat mobile. Tak jauh beda dengan perangkat dekstop, sistem operasi android juga akan mengalami penurunan kinerja selaras dengan lamanya waktu pemakaian. Penurunan kinerja tersebut ditandai dengan lambatnya proses kerja atau yang dikenal lemot. Penyebabnya ada beberapa faktor seperti memori penuh, aplikasi terlalu banyak, atau memang disebabkan spesifikasi ponsel yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami berikan tips cara mengatasi android lemot yang bisa anda praktekan:

Cara-Mengatasi-Android-Lemot

Nonaktifkan Live Wallpaper
Menggunakan live wallpaper atau wallpaper bergerak memang membuat tampilan ponsel android lebih menarik. Namun disisi lain penggunaan live wallpaper ini selain membuat baterai boros juga akan memperlambar kinerja ponsel android. Jika spesifikasi ponsel anda tinggi, mungkin tidak menimbulkan masalah berarti namun jika spek paspasan agar didapatkan performa yang lebih sebaiknya dimatikan saja.

Matikan Animasi
Android yang lemot salah satunya ditandai dengan lambatnya perpindahan menu. Saat anda menggeser ikon di menu utama tidak responsif. Agar perpindahanya lebih gesit anda bisa menonaktifkan animasi pada perpindahan menu. Caranya masuklah ke menu setting, pilih developer options, kemudian pilih animasi. Selanjutnya setting off pada pilihan animator duration, window animatioan scale, dan transition animation scale.

Buang Aplikasi Yang Tidak Penting
Saat anda membuka google play store untuk mencari aplikasi android, sebaiknya pilihlah dengan bijak. Sebab semakin banyak aplikasi android yang anda install tentu akan mengurangi kinerja ponsel yang mengakibatkan Ponsel Android Lemot. Tak jarang beberapa pengguna dengan membabi buta menginstall aplikasi karena saking banyaknya aplikasi gratis yang tersedia. Oleh karena itu pilihlah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan memang dianggap penting. Jika anda sudah terlanjur menginstall lakukan penghapusan dengan cara masuk ke menu play store dan pilih my apps, kemudian pilihlah aplikasi yang dirasa tidak diperlukan dan hapuslah.

Kurangi Penggunaan Widget
Cara mengatasi android lemot selanjutnya adalah mengurangi penggunaan widget. Widget berupa ikon yang ada di homescreen yang menampilkan informasi secara real time. Karena widget mengambil informasi secara real time, maka imbasnya kinerja ponsel android jadi lambat atau lemot. Untuk itu pilihlah widget yang benar-benar dibutuhkan.

Gunakan microSD Kelas Tinggi
Meski sebagian besar smartphone android telah dibekali internal memori yang lumayan besar, para pengguna tetap saja masih kurang dengan memasang kartu memori. Memang penggunaan kartu memori ini bisa menambah kapasitas penyimpanan namun disisi lain akan membuat android lemot karena ponsel harus mengambil data dari luar ponsel. Agar proses pengambilan data tersebut berjalan lancar gunakan microSD atau kartu memori dengan kelas tinggi. Micro SD kelas 10 adalah yang terbaik untuk digunakan agar android tidak lemot.

Demikianlah tadi tips simple cara mengatasi android lemot tanpa menggunakan aplikasi. Jika android masih terasa lemot anda bisa menggunakan aplikasi tambahan semacam Chace Cleaner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *