Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry Agar Komputermu Tetap Aman

Author : admin Category :tekno May 16, 2017

Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry – Sejak beberapa hari lalu dunia dihebohkan dengan serangan hacker menggunakan virus jenis ransomware bernama wanna cry atau wanna decryptor. Kabarnya lebih dari 100 negara di dunia telah terserang virus tersebut. Begitu juga dengan di indonesia yang sudah menyerang dua rumah sakit. Virus tersebut menyebabkan data data yang ada di komputer tidak bisa diakses. Sang hacker akan meminta uang tebusan untuk membuka kembali data tersebut. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan bitcoin.

Cara Mengatasi Virus Ransomeware Wanna Cry Agar Komputermu Tetap Aman

Cara Mengatasi Virus Wanna Cry

Wabar virus ransomware wanna cry yang telah menyerang RS Dharmais di Jakarta membaut seluruh rumah sakit mengambil langkah cepat guna mengatasi virus ransomware wanna cry. Tujuanya tentu agar, data data pasien tetap aman dan pelayanan tidak terganggu. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau PERSI memberikan himbauan agar setiap rumah sakit mengupdate sistem keamanan SIRS dan juga melakukan beberapa langkah untuk mengatasi virus wanna cry.

Baca Juga: Apa Itu Virus Wanna Cry Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Sebetulnya tak hanya rumah sakit saja, tapi setiap komputer yang tersambung dengan internet, sebaiknya mewaspadainya agar tidak terkena virus ransomware wanna cry. Pasalnya virus ini bisa menyerang komputer siapa saja di dunia. Virus akan menginfeksi komputer, jika penggunanya mengklik link tertentu di internet yang dipasang oleh sang hacker. Jika sudah terinfeksi, untuk menebusnya harus membayar hingga Rp 4 juta. Nah agar komputermu tetap aman, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry Supaya Data Data Di Komputer Tetap Aman

1. Backup Seluruh data yang penting

Segera lakukan backup data data penting di komputer agar tidak terserang virus ransomware wanna cry. Gunakan hardisk eksternal yang tidak terkoneksi dengan internet.

2. Jangan Percaya Pada Link Di Dalam Web

Biasanya hacker akan memasang jetman dengan memasang link tertentu pada web. Link ini biasanya dibuat semenarik mungkin agar pengguna tergoda untuk mengkliknya. Link tersebut berisi virus wanna cry yang akan menginfeksi komputermu.

3. Update Anti Virus

Cara mengatasi virus ransomware wanna cry yang paling penting adalah menginstal anti virus pada komputer. Pastikan antivirus yang terinstal di komputermu sudah up date. Anti virus ini akan memblokir instalasi otomatis dari link jetman di internet. Segera lakukan update virus, jika sudah kadaluarsa.

4. Update OS dan Aplikasi

Sebaiknya updatelah sitem operasi windows yang kamu gunakan ke versi terbaru. Pembaruan tersebut akan memperbaiki lubang yang menjadi celah masuknya virus komputer. Lakukan update juga pada aplikasi aplikasi yang terinstal di komputer.

5. Update Security Windows

Microsoft telah mengeluarkan update terbaru sistem security windows. Segeralah lakukan update dengan cara menginstal patch MS17-010 yang bisa kamu download di situs microsoft.

Itulah beberapa langkah Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry. Dengan melakukan langkah langkah diatas semoga komputermu tetap aman dari serangan siber yang sedang marak sekarang ini. Yang paling penting jangan mendownload file file mencurigakan di internet dan pastikan antivirus sudah uptodate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *