Cara Registrasi Ulang Kartu Tri, Indosat, XL Dengan KTP

Author : admin Category :tekno October 21, 2017

Cara Registrasi Ulang Kartu Tri, Indosat, XL – “Tolong isikan pulsa bapak ke nomor 081XXX, Ibu lagi di kantor polisi tolong transfer ke no. rekening”. Mungkin diantara para baca siputnews ada yang menjadi korban penipuan SMS tersebut. Atau setidaknya pernah mendapatkan SMS “papa minta pulsa”. Demi menekan penipuan tersebut, kemenkominfo akan memberlakukan peraturan baru bagi para pengguna kartu seluler. Sebenarnya aturan ini sudah dibuat tahun 2016 yakni melalui peraturan menteri Kominfo No. 12 tahun 2016. Namun baru akan diberlakukan secara efektif mulai 31 oktober 2017. Dalam peraturan tersebut, setiap pelanggan harus menggunakan nomor induk di KTP untuk registrasi kartu seluler.

cara registrasi ulang kartu tri xl

cara registrasi ulang kartu tri, xl, indosat

Selama ini kita memang bisa secara leluasa membeli kartu perdana di outlet outlet terdekat. Bahkan ada kartu yang dijual dalam keadaan aktif (sudah didaftarkan). Sedangkan untuk registrasinya pun umumnya diisi secara ngasal atau tidak sesuai dengan data sebenarnya. Dengan mengisikan nama, tanggal lahir, dan alamat secara asal, kartu sudah aktif dan bisa digunakan. Namun dengan diberlakukanya peraturan terbaru seperti yang disebutkan diatas tadi, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi. Sebab kita harus mendaftarkan kartu sim sesuai dengan NIK KK dan KTP. Selain itu kartu yang dijual baik di gerai ataupun di outlet harus dalam keadaan non-aktif atau belum didaftarkan. Apabila mendaftarkan kartu dengan data palsu, maka kartu akan diblokir dan tidak bisa digunakan lagi.

Sebenarnya registrasi ulang kartu tri dan kartu lainya cukup mudah. Gak jauh beda sama registrasi kartu yang sudah sudah. Sebab metodenya masih sama yakni menggunakan SMS ke nomor 4444. Hanya saja beberapa operator memiliki perbedaan pada format SMSnya. Untuk pengguna baru dan pengguna lama juga ada perbedaanya. Untuk lebih jelasnya simak  penjelasanya berikut.

Cara Registrasi Ulang Kartu Tri, Indosat dan XL

Sebelumnya siapkan dulu 16 digit nomor KTP dan KK. Jika belum memiliki KTP, cukup menggunakan NIK KK/ C1. Pastikan juga NIk di KTP sama dengan NIK yang tertulis di KK. Selanjutnya kirim SMS ke 4444 dengan format berikut ini.

  • Pelanggan baru Tri dan Indosat kirim SMS dengan format (Nomor KTP)#(Nomor KK)
  • Pelanggan baru XL harus mengirim dengan format DAFTAR#(Nomor KTP)#(Nomor KK)
  • Sedangkan untuk pengguna lama XL, TRI ataupun Indosat kirimkan saja sms dengan format ULANG#(Nomor KTP)#(Nomor KK)

Pendataran ulang kartu sim ini akan dimulai tanggal 31 oktober 2017 dan paling lambat tanggal 28 Februari 2018. Jika tidak didaftarkan maka kemungkinan besar nomor akan diblokir. Cara registrasi ulang kartu tri, indosat ataupun XL selain via SMS juga bisa dilakukan melalui aplikasi operator, website dan juga datang langsung ke gerai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *