Ini Bahaya Virus Wanna Cry Dan Cara Kerjanya, Virus Pemeras Yang Menyerang Sejumlah Negara

Author : admin Category :tekno May 15, 2017

Bahaya Virus Wannay Cry menjadi ancaman berbagai negara. Virus jenis ransomware ini sekarang sudah menyebar ke 99 negara termasuk Indonesia. Belakangan virus ini hangat diperbincangkan oleh para netizen dan menjadi trending topik di mesin pencari google. Wanna Decryptor atau virus wanna cry ini mulai menyebar ke sejumlah negara sejak 13 Mei 2017 lalu. DI indonesia sendiri, virus wanna cry telah menyerang dua rumah sakit yakni RS Dharmais dan RS Harapan Kita. Virus ini menyerang data data penting dan mentuntuk pembayaran via bitcoin untuk membuka kembali file yang diserang.

Bahaya Virus Wannay Cry Dan Cara Kerjanya,

Bahaya Virus Wanna Cry

Tak hanya Indonesia saja, sejumlah negara juga sudah terkena imbas dari bahaya virus wanna cry. Amerika serikat, Tiongkok, Taiwan, Ukraina, Spanyol, Itali, dan inggris dikabarkan juga telah terkena serangan virus ini. Tentu saja hal ini membuat banyak negara resah lantaran wanna cry bisa melumpuhkan sistem dalam sebuah jaringan komputer.

Apa Itu Virus Wanna Cry? dan apa dampak atau Bahayanya?

Virus wanna cry merupakan jenis ramsomware yakni perangkan lunak perusak yang mampu mengenkripsi file file penting didalam komputer yang sudah terinfeksi. Apabila sudah terserang virus ini, maka komputer bisa terkunci dan tidak bisa diakses file serta dokumen dokumen didalamnya. Untuk membuka kembali, sang penyebar virus akan meminta pembayaran via bitcoin.

Cara kerja virus wanna cry ini akan masuk ke sistem komputer setelah pengguna mendownload file tertentu. Jadi sang penyerang siber biasaya akan menyuruh pengguna komputer untuk mendownload software berbahaya ke perangkat. Hal ini sering dilakukan dengan mengklik link tertentu di itnernet dan korban secara tidak sengaja akan mendownloadnya. Setelah software berada di komputer korban, maka hacker akan meluncurkan serangan untuk mengunci file yang ada dalam komputer tersebut. Kemudian hacker akan meminta imbalan atau pembayaran untuk membuka file yang dikunci. Pembaran biasanya dalam bentuk bitcoin. Agar tidak terkena dampak dari bahaya virus wannacry sebaiknya lakukan update windows terbaru. Pasalnya windows versi lama rentan terkena virus ini. Microsoft sendiri telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan update windows terbaru untuk melindungi pengguna dari serangan virus wannacary yang semakin meluas.

Tips Agar Tidak Terkena Serangan Bahaya Virus Wanna Cry

Atas kejadian yang menimpa dua rumah sakit indonesia yang sudah terkena serangan virus wanna cry, pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika langsung mengambil beberapa langkah penanganan. Dan berikut ini beberapa tips agar amand ari serangan virus wanna cry

  1. Sebelum menghidupkan komputer, matikan dulu dari wifi/hotspot
  2. Lakukan backup data ke sistem operasi non windows (linux, Mac)
  3. Lakukan update anti virus
  4. Lakukan update security pada windows
  5. Instal patch MS7-010 yang dikeluarkan microsoft
  6. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  7. Nonaktigkan fungsi SMB V1
  8. Blok port 129/445 dan 3389

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *