Perhatikan Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu Berikut

Author : admin Category :tekno January 22, 2015

Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu – Perkembangan teknologi terutama smartphone saat ini terjadi secara cepat. Kita bisa lihat, hampir semua orang terutama anak muda memiliki smartphone baik yang berplatform android, iOS ataupun windows. Smartphone seolah sudah menjadi kebutuhan primer bukan lagi kebutuhan tersier. Patut disayangkan karena ada beberapa pihak yang memanfaatkan hal tersebut dengan menjual barang palsu. Dengan menawarkan bentuk dan desain yang hampir sama dengan aslinya, mereka kemudian menawarkan dengan harga yang miring.

Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu

Setiap vendor memiliki keunggulan sendiri-sendiri dan berlomba-lomba agar menarik minat para konsumen. Bahkan belakangan ini muncul beberapa vendor yang tergolong baru namun bisa memikat hati konsumen sehingga produknya pun laris manis di pasaran. Kepopuleran produk tersebut sayangnya harus ternodai oleh munculnya produk dengan merek dan bentuk yang sama namun ternyata palsu. Tak sedikit orang yang tergoda untuk membelinya karena iming-iming harga yang lebih murah. Jika anda ingin membeli smartphone baru, sebaiknya baca dulu Cara membedakan smartphone asli dan palsu berikut ini

1. Lihat Spesifikasinya
Umumnya smartphone yang beredar saat ini memiliki jaringan minimum GSM 850/900/1800/1900 serta 3G HSDPA. Smartphone palsu biasanya tidak mampu berjalan pada jaringan tersebut. Selain itu sebelum anda membeli sebaiknya cari tahu spesifikasi yang diusung smartphone pilihan anda mulai dari RAM, prosesor, bluetooth, wifi dan lain sebagainya. Pastikan ketika anda membeli, spesifikasinya yang dimiliki juga sama.

2. Cek Nomor IMEI
Untuk melihat nomor IMEI smartphone anda bisa menekan tombol *#06#, maka nomor IMEI akan muncul di layar. Namun demikian tidak semua smartphone bisa di cek menggunakan kode tersebut, akan tetapi sebagian besar dapat dilakukan. Jika nomor IMEI sudah muncul, kemudian cocokan dengan IMEI yang ada di box. Pada deretan nomor ke tujuh dan ke delapan anda juga bisa mengetahui dimana tempat perakitan smartphone tersebut. Anda bisa mencari kode tempat perakitan di mesin pencari seperti google.

3. Data Exif
Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu yang ketiga ini cukup mudah. Anda cukup mengambil foto menggunakan kamera smartphone, kemudian pindahkan foto tersebut ke PC atau laptop. Silahkan check pada bagian properties maka data exif akan terlihat secara lengkap.

4. Uji Benchmark
Dengan menggunakan aplikasi uji coba benchmark, anda bisa mengetahui sejauh mana performa perangkat anda. Coba bandingkan dengan data bechmark smartphone anda yang bisa di cari melalui mesin pencari.

5. Bandingkan desain dan warna dengan yang asli
Meskipun smartphone palsu dibuat semirip mungkin dengan yang asli, namun sedikit banyak pasti ada perbedaanya. Coa lihat desain dan warnanya kemudian bandingkan dengan yang asli. Selain itu coba timbang beratnya, besar kemungkinan juga memiliki perbedaan.

6. Kartu Garansi
Memang cara yang keenam ini tidak bisa dijadikan acuan utama. Karena saat ini banyak oknum yang juga mengeluarkan kartu garansi palsu. Namun demikian hal ini juga bisa dijadikan senjata untuk melakukan identifikasi smartphone yang palsu.

7. Performa
Antara smartphone asli dan palsu jika di adu tentu smartphone yang asli keluar sebagai pemenangnya. Perangkat palsu memiliki performa yang lebih rendah. Untuk itu lakukan pengujian dengan cara mengoperasikanya untuk aktivitas berat seperti bermain game.

8. Periksa NFC Connecktor
Untuk melakukanya silahkan buka casing belakang dan lepas baterainya. Disana akan terlihat baris NFC Connectornya yang terlihat seperti jalur timah kuning. Di perangkat palsu jalur tersebut terlihat lebih jelas, sementara smartphone asli hanya terlihat sedikit dan lebih terlindungi.

Nah itulah 8 Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu. Semoga tips ini berguna, terutama bagi anda yang ingin membeli sebuah smartphone. Mengingat semakin maraknya barang elektronik palsu di pasaran, maka sebaiknya berhati-hatilah dalam membeli barang elektronik apapun jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *