9 Tips Foto Di Konser Musik (Stage Photography)

Author : admin Category :kamera March 25, 2016

Tips Foto Di Konser Musik – Memotret sebuah konser grup band atau pertunjukan apapun diatas panggung bukanlah perkara mudah. Mungkin lebih sulit daripada motret portrait ataupun landscape. Lighting yang gonta ganti warna, pencahayaan yang gelap/terang secara tiba tiba, momen tak terduga, obyek yang dinamis, dan permasalahan permasalahan lain harus kamu atasi. Itu baru masalah teknisnya, belum lagi soal ijin. Dalam sebuah konser besar tentu saja dibutuhkan izin khusus agar bisa memotret. Bagi kamu yang akan memotret sebuah konser musik ataupun show lain diatas panggung simak beberapa tipsnya berikut ini.

Foto Di Konser Musik (Stage Photography)

Foto Di Konser Musik (Stage Photography)

Tips Foto Di Konser Musik

1. Datang Lebih Awal
Bersiap diri lebih awal selalu memberikan hasil yang lebih baik. Kamu bisa datang ke konser tersebut sebelum dimulai, datangi security hingga managernya. Ya sekedar say hello saja, siapa tahu kamu mendapatkan akses yang tak terduga. Selain itu kamu bisa melihat segala angle yang bagus dan tes lighting.

2. Be Professional
Sengefans ngefansnya kamu dengan seorang artis ataupun grup band tetaplah jadi profesional. Cukup katakan kamu adalah fotografer dan ingin memotret secara profesional.

3. Ijin secara detail
Tanyakan terlebih dahulu detailnya. Apakah kamu bisa memotret hingga acara selesai, apakah boleh naik panggung, apakah boleh mempublikasikan foto foto karya anda dan lain lainya. Ini cukup penting karena berkenaan dengan copyright.

4. Mode Kamera
Ketiga Tips Foto Di Konser Musik sebelumnya berkaitan dengan hal non teknis. Untuk masalah teknis kamu wajib menguasi kamera secara total. Jari jari kamu harus bisa gonta ganti settingan kamera mulai dari aperture, iso, fokus dan speed secara cepat. Untuk mode kamera lebih baik dengan manual karena pengukuran cahaya tidak mutlak.

5. Shutter Speed
Dalam memotret sebuah konser musik, shutter speed berperan cukup besar. Gunakan speed 1/200 keatas. Hal ini lantaran umumnya dalam sebuah konser musik para personel bergerak secara enerjik sehingga sulit dibekukan.

6. ISO
Untuk jenis stage photography kehandalan kamera dengan ISO tinggi menjadi salah satu penentu. Keadaan panggung yang dim-light dan tak diperbolehkan dengan flash maka ISO tinggi wajib digunakan. Apabila kameramu menggunakan ISO 3200 noisenya cukup parah, lebih baik tingalkan kameramu dan ganti dengan kamera lain.

7. White Balance
Settingan white balance untuk memotret pertunjukan diatas panggung baiknya gunakan auto. Gunaakn juga format RAW lantaran lampu yang berubah ubah. Format RAW akan memiliki jangkauan luas ketimbang JPEG saat pengeditan. Misalnya noise yang parah bisa sedikit dihaluskan.

8. Gunakan 2 Kamera
Idealnya kamu bawa dua kamera dengan lensa wide dan satunya lensa tele. Rasa rasanya akan sulit ketika kamu harus mengejar momen sementara masih gonta ganti lensa. Bisa bisa lensa malah jatuh, untuk itu baiknya kamu gunakan 2 kamera.

9. Say Tankyou
Terakhir ucapkan terima kasih. Jalinlah hubungan yang baik dengan klien, because networking is everything. Apabila mereka menyukai anda, bukan tidak mungkin bisa dipanggli untuk waktu yang akan datang.

Demikianlah Tips Foto Di Konser Musik yang bisa kamu terapkan ketika akan memotret disebuah konser. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *