Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula

Author : admin Category :tips March 18, 2016

Cara Menggunakan Kamera DSLR – Bicara soal kamera, tentu jenis DSLR menjadi primadona. DSLR sendiri merupakan singkatan Digital Single Lens Refelx. Digital berarti pengambilan gambar dilakukan secara digital bukan menggunakan film. Sementara single lens menunjukan kamera tersebut menggunakan lensa tunggal dalam melihat serta mengambil gambar. Sementara reflex bisa diartikan memantulkan gambar melalui sebuah cermin sehingga pengguna bisa melihat obyek yang akan dipotret. Di kamera DSLR tersebut cukup banyak tombol yang ada, sehingga bagi pemula mungkin sedikit kesulitan. Untuk itu mari kita kupas satu persatu fungsi tombol tombol tersebut.

Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula

Cara Menggunakan Kamera DSLR

Setiap kamera DSLR baik itu canon, nikon atau merek lainya memiliki mode pengambilan yang berbeda. Namun pada umumnya memiliki fungsi fungsi dasar seperti Automatic Mode, Portrait, Landscape, Close Up, Sports dan Manual Mode. Berikut penjelasan dari masing masing fungsi tersebut.

1. Full Automatic Mode
Bagi para pemula disarankan untuk menggunakan mode ini. Pasalnya kamera akan mendeteksi sendiri kondisi cahaya dan secara otomatis akan menyesuaikan sendiri settinganya. Namun kendalanya terkadang flash akan menyala sendiri ketika kamera mendeteksi cahaya minim atau gelap. Untuk menggunakanya tekan tombol shutter setengah agar fokus lensa menyesuaikan terlebih dahulu kemudian baru tekan penuh untuk mengambil gambar.

2. Portrait Mode
Mode ini umumnya digunakan untuk memotret wajah. Dengan mode ini anda tak perlu susah susah menyetting kamera untuk memotret wajah agar bisa terlihat detail mulai dari mata, kulit, rambut dan lainya. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti kondisi cahaya dan kondisi subyek yang akan difoto. Cahaya yang terlalu over akan membaut hasil yang kuran memuaskan. Cahaya pagi atau sore hari adalah waktu yang terbaik. Sedangkan untuk model yang akan difoto sebaiknya dalam kondisi diam. Sebab mode ini tak cukup baik menangkap benda atau orang bergerak sehingga hasilnya pasti akan kabur.

3. Landscape Mode
Nah untuk anda yang suka traveling memotret pemandangan maka disarankan mengugnakan mode landscape jika memang belum advance menggunakan kamera DSLR. Beberapa kelebihan dengan model ini warna akan lebih cerah dan kamera akan menyesuaikan agar obyek bisa terfokus.

4. Close Up Mode
Sementara Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk memotret benda benda kecil dengan gambar yang detail paling mudah menggunakan mode Close Up. Mode ini cukup bagus untuk memotret benda benda seperti serangga, bunga, embun dan lain sebagainya. Namun ketika memotret pastikan tangan tidak bergerak dan sambil menahan nafas agar gambar yang dihasilkan tajam.

5. Sport Mode
Jika mau membekukan benda bergerak maka pilihanya menggunakan sport mode. Dengan mode ini kamu bisa memotret orang yang sedang berlari, atau benda bergerak lainya. Mode ini membuat kamera memiliki shutter speed yang secepat mungkin. Artinya kamu bisa memotret sebuah gambar dalam waktu sesingkat singkatnya.

6. Manual Mode
Kalau kamu memang masih pemula tidak disarankan mengugnakan mode ini. Pasalnya Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan manual mode ini diperlukan pengetahuan lebih tentang ilmu fotografi. Setidaknya kamu harus paham segitiga exposure yang meliputi shutter speed, ISO, dan aperture atau bukaan diafragma. Namun jika dilakukan dengan baik, hasil menggunakan mode manual ini tentunya jauh lebih bagus daripada kelima mode sebelumnya.

One thought on “Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *