Profil Anies Baswedan Menteri Kebudayaan Dan Pendidikan Dasar Menengah

Author : admin Category :tokoh November 1, 2014

Profil Anies Baswedan – Sosok Anies Baswedan tidak bisa dilepaskan dari kemenangan Jokowi JK dalam pemilihan presiden beberapa waktu lalu. Anies menjadi sosok muda yang penuh inpirasi dan menjadi juru bicara dari pasangan Jokowi Jk. Pria berusia 45 tahun ini telah menorehkan segudang prestasi dalam dunia pendidikan. Salah satunya ia menjadi rektor termuda di Indonesia yakni saat usianya baru menginjak 38 tahun. Selain itu Anies Baswesdan  juga mempelopori berbagai gerakan di Indonesia untuk memajukan sektor pendidikan seperti Gerakan Indonesia Mengajar, Gerakan Indonesia Menyala hingga kelas inspirasi.  Oleh karena itulah Jokowi memintanya untuk bergabung dalam Kabinet Kerja menggawangi sektor kebudayaan dan pendidikan dasar menengah yang akan dijalankan selama 5 tahun kedepan.

profil anies baswedan

Profil & Biografi Anies Baswedan Serta Berbagai Prestasinya

  1. Anies Baswedan lahir pada tanggal 7 mei 1969 dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah. Memang kepintaran Anies mengalir dari darah kedua orang tuanya. Ayahnya yakni Rasyid Baswedan adalah mantan Wakil Rektor dari Universitas Islam Indonesia. Sedangkan ibunya Aliyah merupakan salah satu Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Jiwa kepemimpinan Anies mulai muncul saat ia terpilih menjadi Ketua Panitia Tutup Tahun di SMP Negeri 5 Yogyakarta tempatnya menimba ilmu sekitar tahun 1983.
  3. Anies kemudian melanjutkan pendidikanya di SMA 2 Yogyakarta. Di sekolah ini Anies Baswedan dipilih menjadi ketua OSIS pada tahun 1985. Pada tahun ini juga Anies mengikuti pelatihan kepemimpinan yang diikuti 300 ketua OSIS se Indonesia dan kemudia ia terpilih menjadi ketua OSIS se Indonesia.
  4. Pada tahun 1987 Anies Baswedan terpilih menjadi peserta program pertukaran pelajar Indonesia- Amerika yang saat itu bernama AFS. Program ini mengaruskanya tinggal selama satu tahun di Milwakuee, Wisconsin, Amerika Serikat.
  5. Setelah kembali di Indonesia, Anies mencoba dunia baru dengan berkarya di TVRI Yogyakarta. Dalam acara “Tanah Merdeka” ia menjadi pewancara sehingga membuatnya banyak belajar dari para tokoh-tokoh ternama
  6. Pada tahun 1992 Anies terpilih menjadi ketua Senat UGM. Jabatan ini membuat jiwa kepemimpinanya semakin terasah.
  7. Tahun 1993 anies mendapatkan beasiswa untuk belajar di Jepang yakni di Japan Airlines Scholarship. Disinilah intelektualitas anies semakin terasah.
  8. Pada tahun 1996 Anies memilih untuk mengakhiri masa lajangnya dengan mempersunting Fery Farhati Ganis. Sampai saat ini pasangan ini telah memiliki 4 orang anak.
  9. Meski sudah melalang buana dalam menempuh pendidikan, Anies nyatanya belum puas dan masih memiliki keinginan untuk belajar. Gayung bersambut, pada tahun 1997 ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi masteri di Universitu Of Maryland bidang International Security and Economic Policy.
  10. Saat menempuh pendidikan master ini, Anies Baswedan mendapatkan penghargaan ASEAN Student Award oleh USAID-USIA-NAFSA.
  11. Setelah usai merampungkan studi masternya, Anies kembali mendapatkan beasiswa program doktoral di Northem lllinois University.
  12. DI Universitas inilah Anies Baswedan mendapatkan Gerald S. Maryaniv Fellow yang merupakan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki prestasi dan integritas dalam mengembangkan ilmu politik.
  13. Tahun 2005 anies mengemban tanggung jawab untuk menjadi Direktur Riset The Indonesian Institute, organisasi ini berfokus pada riset serta analisa kebijakan publik.
  14. Dan saat usianya menginjak 38 tahun yakni pada tahun 2007, Anies menjadi rektor termuda di Indonesia ketika ia terpilih menjadi rektor Universitas Paramadina.
  15. Anies menjadi satu-satunya orang di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Top 100 Public Intellectuals dari Majalah Foreign Policy.
  16. Indonesia ini kekurangan Guru berkualitas untuk menciptakan anak muda yang memiliki kompetensi global. Karena alasan itulah, pada tahun 2010 lalu Anies Mendirikan Gerakan Indonesia Mengajar. Melalui Gerakan ini anies mengajak para pengajar muda untuk berperan serta dalam mengajar di sekolah dasar di daerah terpencil.
  17. Pada tahun ini Anies Baswedan masuk dalam 20 orang penting yang akan mengubah dunia dalam 20 tahun mendatang dari Majalah Foresight.
  18. Kurangnya pendidikan di daerah terpencil salah satunya disebabkan kurangnya bahan bacaan. Alasan ini membuat Anies Baswedan medirikan gerakan Indonesia Menyala. Gerakan ini menggerakan ratusan orang dan institusi untuk mengirim buku ke daerah-daerah terpencil.
  19. Tahun 2012 Anies kembali berhasil menggerakan ribuan orang dari berbagai kota di Indonesia untuk mengajar selama 1 hari di Sekolah Dasar. Gerakan ini kemudian dinamakan Kelas Inspirasi.
  20. Tidak hanya di sektor pendidikan, Anies juga aktif di dunia politik. Tahun 2013 lalu Anies kembali menggerakan ribuan orang untuk terlibat aktif untuk mendorong politik bersih. Gerakan ini dikenal dengan nama Gerakan Turun Tangan.
  21. Dan ditahun 2014 ini konsistensi Anies Baswedan untuk mendorong orang-orang baik mengelola pemerintahan kembali ia tunjukan dengan menjadi juru bicara dari pasangan Jokowi JK. Setelah kemenangan Jokowi JK, Anies Baswedan menjadi debuti tum transisi di bidang kesejahteraan rakyat.
  22. Terakhir Anies Baswedan akhirnya terpilih menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah dalam kabinet kerja Jokowi JK.

Demikianlah tadi profil dan Biografi Anies Baswedan. Tentu kita semua berharap dengan terpilihnya Anies Baswedan sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, pendidikan di Indonesia bisa lebih maju sehingga anak-anak muda kita bisa memiliki karakter dan kompetensi Global. Dengan demikian revolusi mental yang menjadi fokus utama dari pasangan Jokowi JK bisa benar-benar terwujud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *