Profil Biodata Hadi Tjahjanto Calon Tunggal Panglima TNI

Author : admin Category :tokoh December 5, 2017

Profil Biodata Hadi Tjahjanto – Setelah dilantik menjadi KSAU oleh Presiden Joko Widodo awal tahun 2017 lalu, karir Hadi Tjahjanto terus meroket. Bahkan kini ia di tunjuk kembali oleh Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun Maret 2018 mendatang. Alumni Akademi Angkatan Udara 1986 tersebut menjadi calon tunggal Panglima TNI periode yang akan datang.

profil biodata hadi tjahjanto

profil biodata hadi tjahjanto

Perwira tinggi TNI kelahiran Malang 54 tahun silam itu memang cukup dekat dengan Jokowi. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai sekretaris Militer Kepresidenan atau sesmilpres yakni dari tahun 2015 hingga 2016. Surat penunjukan Presiden Jokowi sudah di keluarkan pada 4 desember 2017 dan saat ini masih dalam proses di DPR. Tentu saja hal ini langsung membuat banyak netizen pensaran dengan rekam jejak ataupun biodata hadi tjahjanto. Untuk itu simak ulasanya berikut ini:

Biodata Lengkap Hadi Tjahjanto

  • Nama lahir: Hadi Tjanjanto
  • Tempat Lahir: Malang, Jawa Timur
  • Tanggal lahir: 8 November 1963
  • Istri: Ny. Nantik Istumawati
  • Anak: Hanica Relingga Dara Ayu, HAndika Relingga Bima Yogatama
  • Alamamater: Akademi AU 1986
  • Agama: Islam
  • Pekerjaan: Perwira Tinggi TNI Angkatan UDara
  • Masa dinas: 1086 – sekarang
  • Unit: Korps Penerbangan Angkatan Udara

Profil Hadi Tjahjanto

Setelah lulus dari Akademi AU tahun 1986, Hadi mengawali karirnya sebagai TNI di Skuadron 4 dan bermarkas di Malang Jawa Timur. Skuadron 4 ini bertugas mengoperasikan pesawat angkut ringan untuk kepentingan operasi dukungan udara. Hadi Tjahjanto kemudian ditunjuk sebagai kepala Seksi Latihan Skuadron 4 pada tahun 1993. Tiga tahun berselang, ia tidak lagi mengurusi pesawat angkutan ringan lantaran memimpin pesawat angkut berat.

Karir Hadi Tjahjanto terus meroket, tahun 2010 – 20111 ia menjadi Komandan Lanud Adi Sumarno, Solo, Jawa Tengah. Ia bahkan pernah didapuk menjadi Direktor Operasi dan latihan Basarnas pada tahun 2011 – 2013. Jabatan tersebut membuatnya meraih pangkat bintang satu. Wajahnya semakin akrab dengan awak media setelah ditunjuk menjadi kepala dinas Penerbangan TNI AU periode 2013-2015. Setelah itu suami Nanik Istumawati ini akhirnya menjadi Komandan Lanud Abdurachman Saleh, Malang.

Sebelum ditunjuk sebagai KSAU, Hadi sudah masuk dalam lingkaran Istana. Periode 2015 – 2016 ia menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden. Saat itulah jabatanya naik dari marsekal Pertama menjadi Marsekal Madya. Tak sampai tiga bulan kemudian, Hadi kembali dipromosikan. Kali ini ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementrian Pertahanan yakni periode 2016 – 2017. Pada Januari 2017, Hadi ditunjuk oleh jokowi menjadi KSAU menggantikan Marsekal TNI Agus Supriatna.

Demikian tadilah profil dan biodata Hadi Tjahjanto yang ditunjuk Jokowi untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot. Semoga ulasan diatas menjawab rasa penasaran anda dengan sosok Perwira Tinggi TNI yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.