Profil Dan Biografi Rizal Ramli, Menko Kemaritiman Yang Tantang JK Debat

Author : admin Category :tokoh August 24, 2015

Profil Dan Biografi Rizal Ramli – Reshuffle Kabinet Jokowi-JK yang dilakukan beberapa waktu lalu menempatkan Rizal Ramli duduk sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo. Dalam pemerintahan jabatan Menko Kemaritiman adalah yang pertama diemban pria kelahiran padang 10 Desember 1953 silam tersebut. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di era Gusdur. Nama Rizal Ramli belakangan mencuat ke publik lantaran menantang Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk debat terbuka. Lantas seperti apa sepak terjang sosok yang begitu lantang mengkritik kebijakan perekonomian di era orde baru tersebut? Berikut kami berikan biografi singkatnya.

Profil Dan Biografi Rizal Ramli

Profil Dan Biografi Rizal Ramli

Dikenal sebagai sosok yang tidak suka dengan penintasan, Rizal Ramli adalah politikus yang menentang Soeharto berkuasa di era orde baru. Rizal mulai mengenal dunia politik sejak berkecimpung dalam organisasi ketika duduk di bangku kuliah. Ia tercatat sebagai mahasiswa jurusan teknik fisika di ITB. Bahkan Rizal pernah dipenjara karena melotarkan kritikan yang tajam terhadap penguasa kala itu. Setelah lulus di ITB, Rizal kemudian melanjutkan pendidikan di Boston University dan mendapatkan gelar doktor ekonomi pada tahun 1990. Kecintaanya terhadap dunia ekonomi, membuatnya melahirkan sebuah organisasi bernama Econit Advisory Group yang didniminasi para ekonom. Bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam organisasi tersebut, ia kerap mengkritik kebijakan-kebijakan di era Orde Baru.

Pecinta musik klasik itu juga tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Bulog. Meski hanya menjabat selama 15 bulan, namun terobosanya bisa mendongkrak perekonomian Bulog. Karena “tangan dinginya” Bulog kini menjadi lebih transparan dan accountable. Karakternya yang cepat, tanggap dan berani membuatnya terpilih sebagai Menko Perekonomian ketika Gus Dur terpilih menjadi Presiden. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Menko Perekonomian, Rizal sempat membuat terobosan menghapus cross management dan corss ownership antara Indosat dan Telkom. Banyak yang menilai terobosan yang dilakukan Rizal Ramli tersebut adalah langkah yang tepat dan menguntungkan negara.

Biodata Rizal Ramli

  • Nama: Dr. Rizal Ramli
  • Tanggal Lahir: 10 Desember 1954
  • Profesi: Politikus, Ahli Ekonomi
  • Agama: Islam
  • Istri: Marijani
    Anak: Dipo Satrio Ramli, Dhita Puti Saraswati, Daisy Ramli
  • Pendidikan: S1-Teknik Fisika ITB, Doktor Ekonomi Boston University
  • Karir: Dosen Program Magister Manajemen UI, Kepala Badan Urusan Logistik Kabulog (2000), Menteri Keuangan Republik Indonesia (2001)Presiden Komisaris PT Semen Gresik Tbk, (2006-2008), Komisaris Utama BNI (2015) Menko Kemaritiman (2015)

Nah itulah tadi profil dan biografi Rizal Ramli, Menteri Koordinator Kementrian yang baru. Kehadiran Rizal Ramli di Kabinet Kerja Jokowi dinilai sebagai langkah yang tepat. Sosok Rizal Ramli selama ini dikenal sebagai sosok yang berani, sehingga diharapkan mampu membenahi kebobrokan yang ada.

One thought on “Profil Dan Biografi Rizal Ramli, Menko Kemaritiman Yang Tantang JK Debat”

  • Dindin Hasanuddin says:

    Ketika saya sekolah di SD Huta Barat Bogor, pada tahun 1966 ada teman namanya Rizal Ramli. Dia naik secara istimesa, yang seharusnya duduk di kelas 5 karena kecerdasannya langsung naik ke kelas 6.
    Apakah Eizal Ramli yang ini sama dengan teman saya waktu di SD ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *