Profil Ignasius Jonan Mantan Dirut Kereta Api Yang Jadi Menteri Perhubungan

Author : admin Category :tokoh October 30, 2014

Profil Ignasius Jonan – Beberapa waktu lalu Jokowi telah resmi mengumumkan susunan kabinetnya. Nama Susi Pudjiastuti memang mendapat banyak sorotan, lantaran ia hanya lulusan SMP. Selain Susi, ada jojok Ignasius Jonan yang cukup mendapat perhatian dikalangan netizen. Mantan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia atau yang dikenal PT. KAI ini ditunjuk Jokowi untuk mengawal sektor perhubungan. Jonan diangkat menjadi menteri perhubungan Republik Indonesia. Banyak publik yang masih bertanya-tanya seperti apa track record Ignasius Jonan selama ini baik saat menjadi menjabat sebagai direktur Kereta Api atau sebelumnya. Untuk itu tim siputnews mencoba menelisik Profil dan Biografi Ignasius Jonan berikut ini.

profil ignasius jonan menteri perhubungan

Profil Ignasius Jonan

Ignasius Jonan lahir di Singapura pada tanggal 21 juni 1963 silam.  Ia pernah menempuh pendidikan di Universitas Airlangga Surabaya dan Tufts University AS. Sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Kereta Api, Jonan telah berkarier di beberapa perusahaan. Pada tahun 1999 sampai 2001 ia menjadi Direktur Private Equaty City. Kemudian dari tahun 2001 sampai 2006, Menteri Perhubungan Kabinet Jokowi JK ini menjabat sebagai direktur Utama PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Dan pada dari tahun 2006 sampai akhirnya dilantik menjadi Dirut Kereta Api pada tahun 2009, Jonan berkarir di Indonesia Ivestment Banking City sebagai Managing Director and Head.

Ignasius Jonan dinilai telah berhasil merombak Kereta Api. Salah satu keberhasilnya adalah ia mampu membawa kultur tanggung jawab pada pegaweinya serta passion yang mampu menghasilkan output terbaik sesuai kemampuan masing-masing. Dulu kereta api dan stasiun terkesan kumuh dan semrawut. Di tangan Jonan kini wajah kereta api terlihat lebih bersih dan tertata.

Kabinet Kerja yang menjadi nama dari Kabinet Jokowi JK memang sejalan dengan gaya hidup Ignasius Jonan. Beberapa sahabatnya bahkan menyebut jonan adalah orang yang “gila”. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan foto ignasius jonan tidur di salah satu gerbong kereta ekonomi yang telah beredar beberapa waktu lalu. Setidaknya foto tersebut menunjukan bahwa lelaki 51 tahun tersebut memang benar-benar menunjukan keseriusanya dalam menjalankan tugasnya. Foto ini juga yang menjadi salah satu ketertarikan Jokowi untuk menariknya masuk dalam kabinet kerjanya. Pada saat memperkenalkan Menteri Kabinet Kerja Jokowi beberapa waktu lalu, presiden terpilih Joko Widodo juga menyinggung soal foto tersebut.

Profil Ignasius Jonan memang menjadi sosok yang tepat untuk mengisi sektor perhubungan. Di hari pertamanya menjadi Menteri Perhubungan, Jonan langsung berkunjung di kantor barunya dan mengadakan rapat tertutup bersama jajaran pejabat Menteri Perhubungan. Saat memasuki kantor kerjanya ia justru berkelekar memperkenalkan dirinya sebagai pegawai baru.  Aksi Jonan memang menjadi bahan sorotan publik, Jonan berkunjung ke ruang kerjanya yang berada di lantai 9 hanya 10 menit saja. Selebihnya ia gunakan untuk berkeliling untuk “blusukan” di semua ruangan kementerian perhubungan. Saat hendak akan pulang ke rumahnya, Jonan menolak mentah-mentah pengawalan Voorijder. Hal ini lantaran ia ingin disamakan stratanya dengan masyarakat pada umumnya .Ignasius Jonan memang sudah resmi dilantik sebagai Menteri Perhubungan Kabinet kerja. Kendati demikian ia tidak sungkan untuk berguru dengan seniornya yakni EE Mangindaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *