10 Phobia Aneh Yang Ditemukan Dan “Melumpuhkan” Manusia

Author : admin Category :Uncategorized January 31, 2015

Phobia Aneh – Beberapa orang mengalami ketakutan yang berlebih pada suatu hal atau yang sering disebut phobia. Konon cara mengatasinya adalah memaksa diri kita untuk melawan ketakutan tersebut. Misalnya seseorang yang phobia akan ketinggian, maka cara menyembuhkanya adalah dengan memaksa dirinya untuk berada dalam ketinggian. Phobia sendiri memiliki banyak jenisnya.  Namun  ketakutan tersebut ada yang tidak masuk akal dan terbilang aneh misalnya  takut tinggal didalam rumah, takut pada lobang dan lain sebagainya. Nah berikut ini 10 phobia paling aneh yang pernah ditemukan.

10 Phobia Aneh Yang Ditemukan

10 Phobia Aneh Yang Ditemukan

1. Stasibasiphobia
Seseorang yang mengalami stasibasiphobia, berharap ia tak pernah melakukan apapun dalam kehidupanya. Jadi ia hanya duduk di sebuah tempat. Pada level yang lebih tinggi, penderita phobia ini mengalami ketakutan ketika ada orang lain yang berdiri atau berjalan di dekatnya. Jadi phobia ini memang melumpuhkan, karena penderita hanya akan terisolasi dalam sebuah ruangan selama hidupnya.

2. Domatophobia
Domatophobia bisa dibilang phobia yang cukup aneh. Penderita domatophobia mengalami ketakutan ketika berada didalam rumah. Oleh sebab itu mereka akan lebih memilih tinggal di dalam gua atau di kandang ayam. Aneh bukan?

3. Nyctophobia dan photohobia
Kedua jenis phobia ini saling berkaitan namun juga saling bertolak belakang. Penderita nyctophobia mengalami ketakutan pada kegelapan dimalam hari, sehingga ia memilih untuk tidak tidur di malam hari. Sebaliknya photobia justru mengalami ketakutan akan cahaya, sehingga ia akan menjalankan sisa hidupnya di kegelapan malam.

4. Decidophobia
Decidophobia adalah sebutan bagi mereka yang tidak bisa membuat keputusan. Yang lebih parah lagi, penderita phobia aneh ini bahkan tidak bisa memilih diantara dua pilihan yang sebenarnya sangat mudah misalnya menu sarapan.

5. Urophobia
Penderita phobia ini berpotensi timbul penyakit. Bayangkan saja, Urophobia adalah ketakuan untuk buang air kecil. Mereka yang mengalami hal ini memilih untuk membuang air dengan cara lain, seperti pengobatan medis.

6. Trypophobia
Ini bisa juga dibilang phobia aneh. Penderita tryphobia akan mengalami ketakutan berlebih ketika melihat lubang-lubang kecil yang berpola. Ia akan mengalami ketakutan ketika melihat benda-benda seperti biji bunga teratai, sumsung tulang dan lain sebagainya. Ketika melihat benda-benda tersebut, penderita biasanya mengalami gelisah bahkan menyebabkan gatal-gatal pada tubuh.

7. Phagophobia
Penderita phagophobia ini tidak mungkin mengalami obesitas. Pasalnya phagophobia adalah takut untuk makan. Jadi mereka lebih memilih untuk tinggal di rumah sakit dengan di infus guna memenuhi kebutuhan makan.

8. Clinophobia dan Somniphobia
Dua jenis phobia ini juga saling berkaita. Mereka yang menderita clinophobia bisa juga mengalami somniphobia. Clinophobia adalah takut untuk tidur di tempat tidur, sedangkan somniphobia adalah takut tidur. Mereka yang mengalami phobia ini tentu membahayakan kesehatan. Karena waktu tidur semakin menurun, maka bisa menyebabkan kelelahan bahkan bisa meninggal.

9. Anthrophobia dan lalophobia
Kedua jenis phobia ini membuat seseorang mengisolasi diri dari kehidupan bermasyarakat. Antrophobia adalah takut pada orang, sedangkan lalophobia adalah takut berbicara. Anda bisa bayangkan jika penderita kedua phobia ini berada di tempat umum. Mereka pasti lari ketakutan dan memilih hidup tertutup dan menjauh dari kehidupan sosial.

10. Anemophobia
Ini adalah phobia paling aneh dan paling mematikan. Bagaimana tidak, anemophobia adalah takut terhadap udara. Udara yang merupakan sumber kehidupan, penderita anemophobia justru malah ketakutan. Bayangkan jika anda mengalaminya, anda akan mengalami ketakutan ketika udara kita hirup dan masuk ke paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *