Inilah Alasan Mengapa Bagian Kaki Dan Ketiak Mudah Geli

Author : admin Category :unik May 24, 2016

Bagian telapak kaki dan ketiak adalah bagian tubuh manusia yang paling tidak tahan geli. Beberapa orang mungkin punya daerah sensitif yang berbeda, bahkan tidak sama sekali. Bagian bagian seperti telapak kaki, ketiak ataupun leher menghasilkan tingkat refleks geli yang berbeda beda. Lantas mengapa hal itu bisa terjadi?

Inilah Alasan Mengapa Bagian Kaki Dan Ketiak Mudah Geli

Telapak kaki serta ketiak adalah bagian tubuh yang paling sensitif dari kebanyakan orang. Hal ini lantaran pada bagian tersebut konsentrasi meissners corpuscles yang lebih tinggi. Ujung saraf tersebut membuat telapak kaki atau ketiak memiliki refleks yang tinggi.

Biasanya bagian bagian tubuh yang lebih geli rentan terhadap serangan, terutama di tubuh bagian atas. Di ketiak misalnya, bagian ini mengandung pembuluh darah dan arteri. Hal yang sama juga terjadi di bagian leher. Bagian ini tidak memiliki perlindungan tulang sehingga akan lebih rentan terjadap serangan. Bagian leher juga memiliki bagian bagian penting salah satunya adalah karotid yang berfungsi memasuk darah ke otak. Oleh karenanya ketika disentuh maka langsung bereaksi. Faktor lainya karena adanya saraf reseptor yang membuat sensitifitas lebih tinggi.

Sebuah penelitian mengungkapkan otak kecil atau yang disebut cerebellum akan bereaksi lebih ketika diberi sentuhan mendadak dibanding sesuatu yang sudah diantisipasi. Apabila otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, saraf respnya tidak terlalu instan. Inilah alasan mengapa kita tidak merasakan eli ketika menggelitik sendiri.

 

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *